Mematikan proses aplikasi di Android

Setiap aplikasi atau game di Android walaupun kita telah menutupnya atau kembali ke Home belum tentu akan langsung dimatikan, banyak kasus ditemukan bahwa sebenarnya masih berjalan prosesnya di background sehingga jelas akan ikut menghabiskan RAM yang terbatas dan baterai tanpa disadari kalau tidak dicari.

Untuk memastikan memang app atau game yang ditutup itu benar – benar sudah tidak aktif lagi prosesnya kita bisa melihatnya dalam daftar aplikasi dan service yang sedang berjalan.

Cara cepat untuk mengecek seluruh proses di Android adalah melalui Settings > Apps > Running (atau Cached), silahkan perhatikan satu per satu apakah ada aplikasi yang tidak anda gunakan masih aktif.

android-apps-running-services

Untuk mematikan proses parasit ini silahkan tap dan tekan tombol Stop, setelah itu tanpa konfirmasi apapun akan langsung berhenti prosesnya.
android-running-app

Saya sarankan untuk rutin mengecek proses apa saja yang berjalan kalau handphoen Android anda terasa lambat, panas atau baterainya cepat habis. Terlalu banyak proses yang aktif secara bersamaan bisa menjadi penyebabnya.

Disini saya menuliskan panduan menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, bila versi anda berbeda biasanya tidaklah jauh. Semoga membantu. 🙂

One Response

  1. Iva Agustus 2, 2015

Leave a Reply