Mematikan suara saat berolahraga di Mi Fit

Dulu saya pengguna Strava gratisan, yang terus terang fungsinya lebih ke sosial medianya daripada aktivitasnya dan karena ga bisa sinkronisasi langsung antar Mi Band 4 saya dengan Strava akhirnya pakai Mi Fit saja deh buat tracking olahraga dan analisanya.

Kalau butuh aplikasi fitness tracker yang data kegiatannya tidak terlalu dibatasi seperti Strava maka bisa pakai Mi Fit, apalagi kalau punya Mi Band juga bisa lebih akurat lagi informasinya. Sama-sama bisa dicatat dalam rute dan peta. Cuma ga bisa seluwes Strava kalau butuh achievement dan fitur medsosnya. Tapi OK saja lah, saya butuh akurasi datanya.

Sebenarnya tidak ada masalah waktu penggunaannya untuk melacak olahraga yang dilakukan. Bisa Walking/Berjalan, Running/Berlari, dan Cycling/Bersepeda di aplikasi saya. Tapi saya baru sadar waktu sedang berolahraga akan ada notifikasi pencapaian saat sudah sekian kilometer, atau detak jantung terlalu tinggi. Pakai suara dari hp, ini bikin agak terganggu saja dan apabila di pagi hari walau volumenya kecil bisa didengar sekitar karena sepi. Karena itu saya menonaktifkannya.

Cara mematikan suara Mi Fit saat berolahraga

  1. Pada layar kegiatan olahraga anda (seperti gambar diatas), tap icon gear di sebelah Start/Pause.
  2. Nanti akan muncul layar Settings.
  3. Matikan Text-to-speech.
  4. Selesai.

Tapi ini sifatnya temporer, hanya untuk sesi aktivitas yang sedang berjalan saat itu. Saya sempat beberapa lama pakai solusi ini karena capek, tapi lama-lama repot juga.

Cara mematikan suara Mi Fit permanen

  1. Pada layar sebelum pemantauan aktivitas olahraga anda. Yang muncul peta dan tulisan GO. Tap icon gear di kanan atas peta.
  2. Tampilannya persis dengan yang diatas, tap untuk nonaktifkan Text-to-speech.
  3. Sekian.

Jadi penggunaan Mi Fit setelahnya akan senyap, cuma Mi Band yang bergetar kalau ada pencapaian tertentu. Seperti sudah berapa km jaraknya dan detak jantung melewati batas, ini bisa dimatikan juga fiturnya tapi saya biarkan.

Demikian dan semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar