Membatasi penggunaan data aplikasi di Android

Banyak sekali aplikasi Android yang membutuhkan koneksi internet, kebanyakan bersifat sebagai game online, messenger app, social media dan sebagainya. Apalagi dengan mahalnya harga paket data dari beberapa operator seluler Indonesia membuat kita harus mengaturnya dengan bijak supaya tidak boros.

Salah satu trik yang saya gunakan adalah dengan membatasi penggunaan data sehingga kuota internet saya tidak tiba – tiba habis tanpa diketahui. Lebih tepatnya supaya aplikasi apapun yang bisa online hanya tersambung kalau anda sedang aktif menggunakannya. Jadi kalau didalam background tidak ada koneksi yang dilakukan.

Nah… Bagaimana cara membatasi penggunaan data aplikasi Android? Silahkan akses Pengaturan (Settings) dan tap pada Penggunaan data (Data Usage). Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean. Jika milik anda berbeda adaptasikan langkah – langkahnya.
android-data-usage

Nanti akan muncul grafik konsumsi kuota internet operator seluler anda dalam rentang waktu tertentu, defaultnya 30 hari. Geser kebawah anda akan menemukan adanya daftar nama aplikasi yang online dan sudah menghabiskan berapa MB atau GB.

Tap pada salah satu nama app yang ingin diblokir akses datanya, dan akan muncul detail informasinya. Saya contohkan BBM (BlackBerry Messenger). Kemudian geser kebawah lagi dan anda akan menemukan opsi Batasi data latar belakang (Restrict background data, beri centang untuk mengaktifkannya.
android-data-usage-bbm
Efek negatifnya kalau ada notifikasi tidak akan muncul karena appnya jika tidak dipakai tidak bisa melakukan sinkronisasi data. Misalnya saja WhatsApp, kalau dibatasi maka tidak akan mengecek adanya pesan baru kecuali anda memanggil aplikasinya sendiri. Tidak semua aplikasi perlu online untuk melakukan tugasnya, setidaknya kalau tidak diperlukan matikan saja koneksi datanya per aplikasi. Ini menghemat kuota anda juga nantinya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...