Mengetahui tingkat penggunaan data di Android

Mudahnya akses internet di handphone dan harga koneksi internet dengan paket datanya dari operator telekomunikasi bisa membuat kita lupa bahwa ada batasan penggunaannya. Kuota bandwidth memang tergantung masing – masing operator, tapi kita wajib mengawasi sudah berapa MB atau GB bandwidth yang sudah digunakan untuk mencegah borosnya penggunaan internet. Untungnya di Android sejak versi ICS (Ice Cream Sandwich) sudah menyediakan tool pemantau tingkat konsumsi data secara internal.

Cara mengaksesnya adalah melalui Settings (Pengaturan), pada bagian Wireless & Networks plih Data Usage.

android-settings

Karena handphone saya (Lenovo A369i) menggunakan dual sim maka terdapat 2 tab informasi berdasarkan SIM card yaitu untuk kartu Tri dan kartu As saya juga jaringan Wi-Fi,? Anda akan mendapati grafik pemakaian internet secara keseluruhan dan tepat dibawahnya adalah daftar aplikasi yang menggunakan internet disertai berapa kuota bandwidth yang sudah dihabiskan. Anda bisa mensetting pada saat berapa GB pemakaian internet akan muncul peringatan dan bahkan bisa mematikan koneksi data handphone kalau sudah melewati angka tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya.

android-data-usage

Buka nama aplikasi yang ingin anda ketahui detailnya, penggunaan data akan dibedakan menjadi 2 disini. Foreground berarti saat anda melihat dan memakai program tersebut, sedangkan background maka program tersebut aktif di belakang dan senantiasa mengupdate statusnya. Ini yang bisa memboroskan konsumsi data anda, kalau ini aplikasi chatting atau social media maka usahakan membeli paket data yang termasuk apps – apps ini untuk menghemat penggunaannya dan pengeluaran anda.
android-data-usage-apps
Secara keseluruhan kalau anda peduli tingkat konsumsi data dan berapa biaya yang harus dibayarkan kalau tidak diperhatikan maka anda perlu memperhatikan penggunaan datanya di handphone Android anda.

2 pemikiran pada “Mengetahui tingkat penggunaan data di Android”

    • Selamat pagi Rendi,

      Data Usage di Android itu digunakan untuk menghitung konsumsi koneksi data/internet, kalaupun ada kuota atau batasan maka ini berasal dari operator atau penyedia layanan WiFi (Hotspot). Jadi walau anda reset statistik pemakaian datanya tetap akan terkena kuota karena yang menghitung adalah berbeda perangkatnya.

      Tapi kalau anda benar – benar ingin menghapus seluruh data usage anda memerlukan factory reset atau menghapus seluruh file dalam folder /data/system/netstats/ tapi ini memerlukan akses root.

Tulis komentar...