Cara tahu HDD atau SSD tanpa membuka casing

Jadi ada kasus sederhana bahwa dalam PCnya ada beberapa media penyimpanan tapi tidak tahu mana yang pakai Harddisk atau SSD (Solid State Drive). Tapi tanpa membuka casing komputernya. Mungkin karena kapasitas penyimpanan SSD sudah cukup besar jadi sulit membedakannya atau yang tanya cuma ngetes saja. 😀

Perbedaan paling utama HDD dengan SSD adalah pada kapasitasnya, SSD memiliki jumlah GB yang lebih kecil. Disaat ini kita beli harddisk sejutaan akan dapat 2TB dan untuk SSD cuma 256GB. Faktor kedua yang tidak kalah penting adalah kecepatan baca/tulis datanya, kalau HDD lebih rendah mungkin bisa 100Mbps tapi kalau SSD bisa jauh lebih tinggi dari itu. Jadi cek saja saat copy file.

Tapi 2 metode diatas adalah dengan mengira – ngira, dan Windows Explorer sendiri tidak menampilkan apa arsitektur teknologi storagenya. Jadi kalau ingin memastikan lebih lanjut bisa mencoba aplikasi bernama Diskovery: https://diskovery.io/ dan akan langsung tampil di sisi panel kiri ini HDD, SSD atau USB. Lebih akurat jadinya.

Sebenarnya pakai software analisa sistem seperti HWINFO, CrystalDiskInfo, Speccy akan memberikan hasil yang sama. Kalau sudah ada di komputer anda tidak perlu mendownload lagi.

5 pemikiran pada “Cara tahu HDD atau SSD tanpa membuka casing”

  1. Memang benar mas kalo ssd itu lebih mahal dan katanya gak upgrade ram pun laptop jadi lebih cepat 45% yang saya baca, jadi kalo pengen laptop lebih cepat efisien itu ganti hardisknya jadi ssd dan tidak perlu upgrade ram

Tulis komentar...