Membersihkan Google Chrome dari program pengganggu

Sekarang virus atau malware lebih banyak menyerang browser bukannya Windows, karena itu kalau pada Google Chrome di komputer anda tiba – tiba berperilaku aneh tidak sesuai normalnya kemungkinan besar sudah dibajak oleh program pengganggu. Biasanya ini diwakili oleh toolbar, iklan yang muncul saat browsing, halaman default yang dibajak, ekstensi aneh, dan default mesin pencari lain bukan Google. Padahal tidak pernah disetting seperti itu.

Parahnya lagi walau kita telah mereset Chrome tetap saja tidak kembali ke kondisi semula, bahkan install ulang browsernya pun tetap. Nah… kalau ini yang terjadi berarti bukan dosa Google Chrome-nya melainkan ada program lain yang sedang aktif di Windows dan tugasnya adalah membajak konfigurasi browser. Bahkan browsernya bisa melakukan diagnosa sendiri dan apabila muncul pesan “Chrome behaving strangely? Chrome detected that your browser settings may have been changed by a program on your computer without your knowledge. You can use Google?s software removal tool to remove that program“, maka solusinya adalah sama.

Begitu banyaknya kasus yang sama sampai – sampai Google menyediakan sebuah tool khusus untuk membersihkan komputer anda dari aplikasi – aplikasi yang merusak setting Chrome. Kalau anda sedang berusaha mengatasi masalah ini maka jangan ragu lagi langsung mendownload Chrome Cleanup Tool (dulu bernama Software Removal Tool) dan tinggal jalankan saja karena ini aplikasi portable.
google-chrome-cleanup-tool
Nanti anda tinggal menunggu proses deteksi, bisa beberapa menit atau lebih lama tergantung banyaknya program yang terinstall dan aktif di Windows. Bila ada yang dianggap berbahaya maka akan muncul daftarnya dan bisa anda basmi lewat tool ini juga.

Untuk mencegah hal serupa terjadi lagi sebaiknya anda rutin melakukan pengecekan menggunakan software seperti Malwarebytes Anti-Malware atau AdWCleaner. Ya, antivirus kadang masih kurang untuk melindungi komputer anda.

Tulis komentar...