Mengatasi kursor teks Google Docs selalu di tengah

Advertisements

Untuk nulis dokumen dengan kolaborasi maka bagusnya pakai Google Docs atau Office 365. Sudah ga jaman oper-operan file DOCX pakai flashdisk kan. Kalau pakai editor dokumen online selain bisa darimana saja, cukup modal browser dan bisa cek aktivitas penulisnya. Jadi riwayatnya jelas.

Kali ini saya cuma membahas masalah simple yang terjadi sejak WFH di kantor. Entah Google Docs mabuk atau gimana, kursor saya nyangkut di tengah-tengah dokumennya. Padahal setting Text Alignment atau Rataan sudah benar bukan di tengah.

Sempat saya kira ini error karena update Google Chrome terbaru yang terjadi tepat sebelumnya, ternyata bukan. Singkat cerita ternyata kesalahan formatting ini karena aktif plugin AdBlock atau semacamnya. Jadi solusinya juga gampang, matikan saja sementara saat menulis.

Advertisements

Tapi kadang ada addon/pengaya/ekstensi dengan fungsi adblock tapi namanya berbeda: Privacy Badger, Ghostery, NanoBlock, uBlock dan sebagainya. Kalau bingung coba matikan saja semuanya.

Cara mengatasi alternatifnya tinggal pakai browser lain seperti Firefox, Brave, UC Browser, Edge dan seterusnya. Bebas kok. Tapi kalau masalah anda karena blokir iklan di peramban lain ya nonaktifkan juga.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan komentar