Membuat Windows crash dan memunculkan BSoD

Aneh bukan? Biasanya kita mencari cara memperbaiki error Windows atau solusi dari BSoD (Blue Screen of Death) kok malah sekarang kita ingin membuatnya menampilkan ciri – ciri kalau ada kerusakan dalam komputer. Ya, tahukah anda bahwa membuat Windows crash adalah fitur yang bisa kita panggil setiap saat. Cocok buat anda yang ingin mengisengi teman atau akal – akalannya teknisi nakal.

Tentu saja fitur nyeleneh ini tidak aktif secara default, bayangkan saja kalau tombol hotkeynya tidak sengaja tertekan dan langsung muncul layar biru atau error – bisa bingung pengguna komputernya.

Ya, memang ada sedikit syaratnya untuk mengaktifkan fitur ini dan melewati registry Windows:

  • Kalau anda memakai keyboard dengan koneksi PS/2 (yang bulat) maka akses lokasi registry berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\i8042prt\Parameters.
  • Jika anda menggunakan keyboard dengan konektor USB maka lokasi ini yang diakses:
    HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\kbdhid\Parameters
    regedit-kbdhid-parameters
    Kemudian isikan nilai baru bernama CrashOnCtrlScroll dengan jenis DWORD, isikan dengan 1 untuk menandakan fitur ini hidup.
    Kalau bingung klik kanan > New > DWORD (32-bit) Value, dan double click pada namanya untuk mengubah isinya.

Nah… sekarang bagaimana memanggil crash Windows ini? Pertama tekan dan tahan tombol CTRL, kemudian tekan tombol Scroll Lock 2 kali dan layar Blue Screen akan tampil. Selesai!

Yang kita lakukan adalah memaksa Windows yang bekerja secara normal untuk crash. Kasihan juga. 😛 Harap digunakan secara bijak ya. 😀

Tulis komentar...