Memilih tampilan monitor yang aktif di Windows

Kalau anda menggunakan lebih dari satu monitor atau menambahkan proyektor di komputer sering kali kita memilih hanya display tertentu saja yang menampilkan isi layar monitor. Sayangnya cara mengganti monitor atau proyektor aktif ini kadang tersembunyi di dalam menu masing – masing software manajemen kartu grafis yang digunakan – jadi variasinya antara VGA Intel, AMD dan Nvidia.

Dalam sepengetahuan saya sejak Windows 7 ada cara cepat memilih mode display dan display mana yang aktif dengan cepat cukup dengan menekan kombinasi tombol Windows + P.

windows-7-connect-to-a-projector

Anda bisa memilih berbagai macam jenis tampilan yang bisa digunakan seperti:

  • Computer only – Hanya display yang digunakan komputer akan aktif, kalau monitor hanya 1 atau terhubung dengan proyektor akan otomatis mati.
  • Duplicate – Tampilan layar monitor akan ditampilkan sama persis disemua display, ini berguna untuk presentasi kalau pematerinya hanya duduk.
  • Extend – Tampilan layar monitor akan disambungkan (extend) menjadi satu tampilan.
  • Projector only – Tampilan komputer akan hanya pada proyektor saja, cocok buat presentasi dimana pematerinya aktif dalam ruangan.

Sebenarnya Windows + P ini adalah cara cepat mengakses setting Connect to a projector, anda bisa menemukannya pada Control Panel kemudian memilih Display. Langkah – langkahnya lebih repot dibanding hanya menekan tombol Windows dan P bukan?

windows-7-control-panel-display

Secara pribadi saya memanfaatkan fitur ini untuk mematikan monitor yang tidak terpakai karena menekan tombol mematikan monitor ternyata lebih merepotkan bagi saya, atau hanya kemalasan saja sebenarnya. Hehe…

Tulis komentar...