Memperbaiki hilangnya Windows Photo Viewer

Ada satu kasus aneh pada Windows 7 yang baru saya install kemarin malam. Seperti yang kita ketahui kalau untuk melihat gambar dan foto sudah ada aplikasi defaultnya bernama Windows Photo Viewer, tapi anehnya tidak ada dan juga tidak muncul di menu Open With. Masa membuka filenya dengan Microsoft Paint?

Setelah sempat galau sesaat karena memang hal ini tampaknya tidak ada penyebabnya akhirnya saya mencoba solusi lewat file registry Windows. Silahkan download windows-photo-viewer-default.reg kemudian klik kanan dan pilih Merge.
windows-7-open-with-photo-viewer

Apa yang dilakukan file registry diatas? Jangan khawatir bukan hal berbahaya kok, cuma memberitahukan ke Windows bahwa untuk jenis – jenis file gambar dengan ekstensi tertentu (yang didukung Windows Photo Viewer pastinya) bahwa ada program yang bisa membukanya.

Seharusnya dalam menu Open With anda sudah bisa memilihnya dan menggunakannya sebagai aplikasi default. Semestinya solusi ini juga bisa dilakukan di Windows 8/8.1 dan Windows 10. Cara mengatasi alternatifnya ya terpaksa menginstall program Image Viewer lain.

Semoga bermanfaat.

17 pemikiran pada “Memperbaiki hilangnya Windows Photo Viewer”

  1. Kak mau tanya kan sebelumnya laptop saya win 8 trs diinstal ulang ke windows 7. Nah datanya kan disimpen di data (E). Kenapa foto dan video saya gabisa dibuka ya ka. Itu kenapa ya kira kiram solusinya apa ya kak

    Balas
    • Ini tampaknya kasus berbeda mas. Aplikasinya tidak bisa membuka foto/gambar kan maksudnya?

      Coba pakai Irfan View mas.

  2. maaf mas, untuk ini sudah saya coba tapi gak bisa malahan di bagian more option nya gk muncul. trus kalau klik Choose defalut program muncul ini this file does not have the program associated with it for performing this action. please install a program or, if one is already instralled, create an association in the defalut program controls panel”

    Balas

Tulis komentar...