Memperbaiki jendela Search muncul setiap kali membuka folder

Masih berkutat terhadap pemulihan setting perilaku Windows Explorer yang aneh, kali ini saya akan membahas cara memperbaiki masalah dimana setiap kali anda membuka folder atau drive maka akan buka terbuka isinya malah muncul jendela Search. Ini biasanya terjadi karena dirusak oleh virus dan setelah berhasil dihapus tidak bisa dikembalikan ke normalnya.

Bagaimana cara mengatasinya? Anda harus mengutak – atik registry di Windows sebagai solusinya. Jadi panggil terlebih dahulu run dialog (tekan tombol shortcut Windows+R), isikan regedit di dalam kotak yang disediakan dan tekan ENTER.
windows-7-run-command-regedit

Pada jendela Registry Editor navigasikan ke lokasi HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\shell untuk memperbaiki jendela Search yang terbuka saat mengakses folder dan HKEY_CLASSES_ROOT\Drive\shell untuk drive atau partisi. Saya sarankan sebelum mengubah apapun dalam registry untuk melakukan backup terlebih dahulu, sehingga kalau ada apa – apa bisa dikembalikan seperti semula.
regedit-hkey-classes-root-directory-shell

Pada kedua lokasi registry tersebut hapuslah Default, bila masih gagal diperbaiki juga maka hapus find yang terletak didalam key shell pada kedua tempat tadi.

Semoga berhasil. 🙂

10 pemikiran pada “Memperbaiki jendela Search muncul setiap kali membuka folder”

    • Sep mbak kalau teratasi.

      Aslinya tidak pernah ada masalah mbak, tapi namanya bukan saya sendiri yang memperbaiki dan kondisi setiap komputer berbeda ya tetap saja ada resiko. 🙂

  1. Assalamualaikum..Alhamdulillah tadinya mau flash ulang ni laptop soalnya memang sdh parah penyakitnya tpi untuk masalah satu ini sdah mantaplah teratasi dgn baik mkasih Gan.smoga mnjadi Amal ibah buatmu sehat selalu dan smoga di lancarakan segala urusannya dan di luaskan rejekinya amin Ya Allah

Tulis komentar...