Mengatasi Explorer muncul setiap kali masuk Windows

Advertisements

Ada satu kasus menarik pada laptop yang ada di kantor. Jadi setiap kali booting dan sedang proses logon ke desktop Windows 7 pasti muncul Windows Explorer. Pas saya cek setidaknya tidak ada virus, jadi kemungkinan masalahnya ada pada setting Windows. Istimewanya notebook Dell ini cuma dibawa sehari kembalinya sudah ada masalah. Haha. 😀
Dari pengalaman saya kalau pas masuk Windows muncul File Explorer itu antara 2: memang tidak sengaja ditambahkan dalam startup atau ada instruksi entah dari program apa untuk membuka file tapi tidak ditemukan. Yang kedua ini yang bahaya karena sering digunakan virus atau malware.

Solusinya sendiri cukup jelas tapi memang agak repot untuk beberapa cara alternatifnya. Jadi saya sarankan anda hati – hati dalam mengikuti metode mengatasinya karena bisa tambah parah. Ga lucu kan malah hasilnya gagal booting?

Untuk solusi pertama silahkan membuka registry editor dan kemudian buka lokasi HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon\ dan pastikan pada key Userinit isinya adalah C:\Windows\system32\userinit.exe, seperti di gambar kalau bingung.

regedit-userinit

Advertisements

Yang kedua adalah lewat System Configuration, silahkan pilih – pilih isi dari Startup. Ini menentukan program apa yang dieksekusi saat loading Windowsnya. Harap ada teliti dalam modifikasi isinya dan memastikan bukan yang penting yang dimatikan.

msconfig-startup

Ketiga adalah memanfaatkan aplikasi Autoruns, mirip dengan metode kedua sebenarnya karena kita akan mencari software – software yang ikut berjalan pas Windows aktif. Tapi lebih mendetail dan informatif kalau dibandingkan. Kadang ada yang tidak muncul di System Configuration bisa dideteksi disini. Ceknya pada tab Logon dan Winlogon.

autoruns-logon

Hasilnya? Untuk kasus saya dari memperhatikan analisa Autoruns ternyata ada program KUsrInit.exe yang ingin menuliskan datanya pada registry, ini yang menyebabkan edit registry pada solusi pertama selalu gagal. Setelahnya saya coba menjalankan program diatas dan memang cuma muncul Explorer saja dan ternyata ini software Dell KACE agent. Bawaan dari notebooknya. Akhirnya saya nonaktifkan. Selesai.

Semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

3 pemikiran pada “Mengatasi Explorer muncul setiap kali masuk Windows”

    • Seringnya karena malware/virus yang ingin eksekusi program saat startup Windows mas. Sudah berhasil dibersihkan pakai antivirus tapi masih ada sisa – sisanya.

Tinggalkan komentar