Memperbaiki tidak bisa melihat folder dan file hidden di Windows

Untuk melihat folder dan file yang hidden atau super hidden termasuk mudah di Windows, tapi kalau anda pernah mengubah settingnya di Folder Options dan ternyata hasilnya tidak bisa menampilkan folder atau file yang dihidden ini biasanya merupakan ciri – ciri anda diserang virus.

Untuk mengembalikannya supaya normal kembali anda harus memastikan virusnya sudah bersih dihapus, anda bisa menggunakan antivirus gratis kalau enggan yang berbayar. Jika sudah tuntas maka langkah selanjutnya adalah memanggil run dan mengetikkan regedit disusul ENTER.
windows-7-run-command-regedit
Pada jendela Registry Editor segera navigasikan menuju lokasi HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Current Version\explorer\Advanced\Folder\Hidden.

Anda akan menemukan NOHIDDEN didalamnya, pastikan isi dari CheckedValue adalah 2 dan DefaultValue adalah 2 sesuai dengan gambar.
regedit-folder-hidden-nohidden

Selanjutnya SHOWALL, kembali cek nilai dari CheckedValue adalah 1 dan DefaultValue adalah 2 sesuai dengan gambar.
regedit-folder-hidden-showall

Setelah itu restart komputer anda, kemudian setelahnya anda bisa mengubah setting hidden di Folder Options tanpa perlu takut akan kembali tidak bisa diganti lagi seperti sebelumnya. Agak repot memang solusinya tapi termasuk mudah bukan?

Tulis komentar...