Memperbaiki New Folder yang hilang di Windows

Entah kenapa tiba – tiba menu New Folder yang biasanya diakses dari context menu Windows tidak ada lagi. Kalau anda bingung context menu itu apa, menu ini adalah yang muncul saat klik kanan kemudian lihat pada New dan akan terdapat beberapa opsi untuk membuat jenis -jenis file tertentu dan folder baru. Masalahnya New Folder ini tidak terdapat dalam pilihan menu tersebut.

Anehnya lagi menekan tombol New Folder di Windows Explorer tidak memberikan efek apa – apa, sepertinya perintah tersebut diabaikan. Tapi perintah command prompt mkdir nama_folder masih bisa digunakan, yang tentunya akan sangat merepotkan kalau kita harus menggunakan perintah cmd setiap kali ingin membuat folder baru.

windows-7-command-prompt-mkdir

Jadi memang lebih baik kita mencari cara untuk memperbaiki New Folder yang rusak ini, dan solusinya adalah dengan menggunakan registry Windows. Anda cukup mendownload file .reg berikut ini : EnableNewFolder.reg

Dan lakukan Merge ke registry Windows anda dengan melakukan klik kanan pada file registry tersebut dan pilih Merge. Klik Yes pada jendela peringatan untuk melakukan penggabungan dan modifikasi pada registry Windows.

reg-file-right-click-merge

Kalau muncul pesan “Key cannot be written because affected processes are being used” abaikan saja.

Sebaiknya anda restart komputer anda untuk memastikan Windows menggunakan informasi registry yang telah dirubah. Cara ini berhasil untuk mengatasi New Folder yang hilang pada komputer saya yang bermasalah sebelumnya.

46 pemikiran pada “Memperbaiki New Folder yang hilang di Windows”

Tinggalkan komentar