Memperbaiki Sleep dan Hibernate yang hilang di Windows

Last Updated on Mei 4, 2014

Kalau anda sering meninggalkan komputer anda karena kesibukan lain pasti sudah familiar dengan fitur Sleep dan Hibernate di Windows. Dengan menggunakan Sleep di Windows maka komputer anda akan menggunakan daya terendah yang bisa digunakan dan memiliki respon cepat saat anda mengaktifkannya. Ini lebih cepat dibanding mematikan dan menghidupkan komputer anda lagi, dan selisih penggunaan daya antara Sleep dengan Shutdown tampaknya bisa diabaikan.

windows-inactive-sleep-hibernate

Bagaimana cara memperbaikinya kalau tiba – tiba tombol untuk Sleep dan Hibernate tiba – tiba nonaktif? Bagi anda pengguna laptop yang sudah men-setting setiap layar laptop ditutup akan masuk ke mode Sleep dan ternyata tidak dilakukan oleh notebook anda, ini bisa menjadi pemborosan daya baterai. Kalau anda masih enggan melakukan shutdown atau memang ingin memperbaikinya, anda bisa menggunakan cara berikut untuk mengatasi masalah hilangnya Sleep dan Hibernate ini.

Install ulang driver

Cara ini kadang terlewati karena tampaknya tidak berhubungan, tapi tidak ada salahnya anda coba dulu. Pengalaman pribadi saya bahwa saat melakukan instalasi ulang driver Intel Graphic masalah ini hilang. Penyebab masalah anda mungkin sama atau disebabkan driver lainnya, saran saya cuma coba satu per satu. Anda bisa menggunakan Driver Sweeper untuk membersihkan driver hardware anda secara total, tapi sebelumnya harap mempersiapkan installer driver komputer anda terlebih dahulu. Teori saya pribadi entah kenapa driver ini mengacaukan pengaturan daya di Windows sehingga tidak mengenali setting yang telah ditentukan sebelumnya.

Mengaktifkan Sleep dan Hibernate secara manual

Anda perlu menggunakan Command Prompt untuk memanfaatkan cara ini, jangan lupa jalankan CMD dengan hak administrator. Kemudian ketikkan perintah berikut:
powercfg -h on
windows-command-prompt-powercfg-h-on

Perintah powercfg mengatur power configuration (pengaturan daya) di Windows, dan dengan menggunakan parameter -h on maka fungsi Hibernate dan Sleep akan diaktifkan secara manual.

163 pemikiran pada “Memperbaiki Sleep dan Hibernate yang hilang di Windows”

  1. Mas, saya pakai win10. Pas di config cuma ada Hibernate nya aja. Sleep tidak ada di menu Change Setting that are currently unavailable
    Setting brightness pun jg tdk bisa

    Balas
  2. untuk windows 8, laptop saya tdk bisa sleep otomatis. ketika ketiduran bangun bangun batre laptop udah abis. solusinya gimana ya

    Balas
  3. Halo kak mau tanya, saya gak berhasil mengembalikan fungsi hibernate-nya setelah mengetik powercfg -h on di cmd. Begitu saya enter, tulisan yang tertera:
    Hibernation failed with the following error: The request is not support. The following items are preventing hibernation on this system. The system firmware does not support hibernation.
    Saya harus bagaimana ya kak? huhuhu… Mohon bantuannya? Saya pakai windows 7 home premium, Acer S3 Aspire One.
    Makasi…

    Balas
  4. kalau di laptop saya yg memakai windows 7 64 bit, menu sleepnya abu-abu tapi hibernate nya bisa. Coba cara cmd powercfg itu malah hasilnya dibilang tidak punya permission untuk hibernate fiture. kenapa ya mas menu sleepnya saja yg disable?

    Balas
  5. mas laptop saya bisa di sleep, tapi beberapa menit kemudian mati kayak kondisi shutdown (untuk nyalain laptop harus pake tombol power) solusinya gimana ya?

    Balas
  6. Mas laptop saya windows 10. Awalnya mode sleep ada lalu setelah saya sleep dan dihidupkan kembali layar jadi gelap dan tidak bisa dipencet lalu saya pencet tombol power sekali lagi dan laptop kembali seperti semula. Tetapi setelah itu mode sleepnya hilang. Setelah saya change settingnya yg ada hanya hibernate bukan sleep. Gimana itu mas?

    Balas
  7. bang laptop saya lenovo, kenapa ya fungsi keyboardnya gakbisa, maksudnya seperti mengatur cahaya,menghidupkan wifi gak bisa dari keyboard

    Balas
  8. Bang,saya menggunakan Lenovo V310 dan windows 10,saya pusing dengan sleepnya yang gak mau disetting,settingan sudah never semua,tapi tiap 1 menit laptop saya auto sleep ketika saya tidak melakukan aktifitas

    Balas
  9. mas laptop saya bisa utk sleep/hibernate. akhir2 ini kl saya pake mode diantara 2 itu malah jatohnya ke shutdown jd program2 nya ke ulang semua, mohon bantuan sarannya, terima kasih

    Balas

Tinggalkan komentar