Memperbaiki suara yang rusak pada video di YouTube

Bila anda mengalami suara dari video YouTube rusak atau terdapat distorsi sehingga menganggu kenikmatan menonton. Masalahnya hal ini terjadi tidak pada semua video di YouTube, tapi hanya pada beberapa video saja. Videonya akan dapat dimainkan dengan baik hanya audionya saja yang rusak.

Resolusi video tampaknya tidak berpengaruh terhadap hilangnya audio di YouTube, walaupun anda berganti resolusi dari 240p, 360p, 480p, 720p, 1080p bahkan Original resolution tidak ada efeknya.

Solusi sementara untuk mengatasi masalah ini adalah gunakan web browser alternatif lainnya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau Opera. Kalau saat anda mencoba memainkan video dengan browser lain ternyata suara terdengar lancar dan tidak ada gangguan, maka kemungkinan ada masalah terhadap plugin Flash browser anda. Menggunakan browser alternatif merupakan solusi sementara sambil menunggu update dari plugin Adobe Flash Player.

Penyebab lain dari masalah audio di YouTube adalah anda tergabung dalam eksperimen HTML5 Video di YouTube, dengan mengikuti program beta ini anda akan menonton semua video yang didukung menggunakan format video HTML5 tanpa menggunakan Flash. Beberapa pengguna YouTube akan secara otomatis mengikuti percobaan video HTML5 ini tanpa sepengetahuan pengguna.

Batalkan keikutsertaan anda di halaman YouTube HTML5 Video Player dengan menekan tombol Leave the HTML5 trial, setelah itu buka kembali halaman video YouTube yang bermasalah tadi.
youtube-html-5-trial

Salah satu faktor utama masalah audio rusak di YouTube terletak pada Flash player, jadi lebih baik anda hapus instalasi plugin Flash dan melakukan instalasi ulang dengan update versi terbaru. Bila masih belum berhasil berarti kemungkinan ada masalah di YouTube itu sendiri atau plugin Flash, jadi anda cuma bisa menunggu updatenya saja. Anda juga bisa mencoba memperbaiki Flash di YouTube.

49 pemikiran pada “Memperbaiki suara yang rusak pada video di YouTube”

    • Halo Ahmad, mas pakai Windows apa pakai Android? Lewat browser atau aplikasi? Pakai speaker atau headset? Dari dulu atau baru saja?

    • Sebentar, ini bukan pakai hp/tablet ya? Semacam STB buat TV? Tahu merek dan tipe perangkatnya? Pakai ISP apa mbak? Ga ada update aplikasinya?

    • Mbak download video di aplikasi YouTube offline? Kalau videonya diputer biasa apa audionya bisa?

      Setahu saya kalau suaranya hilang itu karena diblokir karena lisensi pemutaran lagu/suara tersebut belum ada di Indonesia.

  1. Saya habis download vidio youtube dg aplikasi vidio downloader . Setelah selesai download vidio saya putar tetapi tidak ada suaranya . Biasanya baik2 saja . Gimana cara untuk mengatasinya ? Trims

    Balas
    • Mbak kan coba update dulu aplikasi downloadernya? Ini soalnya kucing – kucingan dengan sistem proteksi video YouTube, jadi memang kadang bisa bermasalah kalau ada sistem baru.

  2. Hp sy asus zen c z007, speaker trima tlp bs, nada dering oke, rec video suara terdengar,ketika d youtube melalui aplikasi tdk terdengar pdhal vol sdh full, pake headset bisa. Smua Aplikasi slalu d perbaharui sampai versi pembaruan perangkat ios nya. Apa yg hrus sy lakukan ya? Pengaturan d youtube jg ga pernah d otak atik.

    Balas
  3. mz ini masih aktif ga postnya, kebetulan saya punya masalah yang sama..

    kronologinya seperti ini..
    saya abis edit video setelah itu upload ke youtube untuk play di PC or Laptop itu lancar saja mas audionya tapi kalo di android ga ada suaranya kecuali pake headsheet baru ada suaranya, saya sudah coba di 5 hp android temen saya mas, semuanya tetap ga ada suaranya.. kira kira kenapa ya mas?

    nuwun…

    Balas
    • Penunggunya ada mas. 😀

      Ini nyetelnya pakai aplikasi YouTube atau browser mas? Sudah dicoba ganti resolusi?

      Di YouTube ada fitur Stats for nerds, bisa dilihat statistik codec videonya, coba dicek untuk audio ada transfer datanya tidak.

    • semuanya sudah saya coba, dari browser opera, google chrome, uc mini.. namun tetap saja tak ada suara kecuali pake headsheet, mohon di cek pesan masuk dari Contact us dengan email damnfracter, terima kasih mas 🙂

    • Saya ada beberapa teori sih mas.

      Pertama mungkin perlu clear cache aplikasi YouTube. Mungkin bisa dicoba dulu yang ini.

      Kedua, pastikan saat encoding videonya itu audionya cuma ada 1. MP4 itu bisa multiple audio soalnya.

      Audionya stereo/mono? Sudah dicoba diganti waktu encode?

  4. malam pak, mau tanya ya, :

    saya rekam dari HP pakai mobizen ,setelah masuk youtube, tidak ada masalah suara dan lagu terdengar dari pc,laptop,atau hp semua jelas dan lancar

    tiba2, saya rekam dari laptop pakai windows movie maker, kalau saya play ulang di laptop/pc sendiri dan teman, semua lancar dan jelas tapi kok anehnya kalau dengar dari HP./Tab/android sejenisnya tidak ada suara ya ? cuma suara background game ( kebetulan saya main game ) tapi suara saya ga kedengaran sama sekali, padahal ada micnya, bisa dibantu ?

    Balas
    • Ini di Windows apa mas?

      Intinya kalau dibuka di Windows Movie Maker audionya cuma ada yang dari game? Bukan karena MM tidak bisa membuka audio multichannel? Mungkin codecnya?

  5. Maaf min , saya lagi buka youtube di pc, 2 hari ini tapi tiba2 ada suara orang cina panjang , sy cari gk ada satupun video yang play atau iklan yang play, sya tutup youtubenya bru hilang jg suara orang cinanya..

    Sy buka lagi youtube cuma nda berapa lama muncul lagi suara orang cinanya tu …. jdi klo pilih video jd double suaranya keluar sm orang cina yg ngomong itu..mohon solusinya..

    Balas
    • Ini rasanya browser yang dipakai kena bajak malware mas.

      Cek plugin/addon/ekstensi yang terinstall apa. Coba install Malwarebytes untuk membersihkan komputernya.

  6. gini bang saya kan membuat video di hp android saya nah pas video ituh saya lihat di dalam video ituh tidak ada suaranya bang..
    untuk mengatasinya gmna yah bang?
    #terimakasih

    Balas
    • Mbak membuat videonya pakai aplikasi apa? Mutarnya di hp juga? Aplikasi lain sama saja? Sudah coba di PC/laptop?

      Ini pakai hp apa mbak?

  7. Mau nanya yaa, aku bingung waktu buka youtube. Semua videonya jadi slow motion dan gak ada suaranya sama sekali. Udah di perbaharui, tapi tetap seperti itu . Kiranya knp yaa ? Saya bingung. Terima kasih ?

    Balas
  8. saya mau nanya , laptop saya kalau dengerin lagu diyoutube tidak ada suarnya ,harus pke headseatdulu baru ad suaranya,tp kalo buka dari file yg ada dilaptop gapake headseat masi keluar suaranya.cara mengatasinya gimanaya?

    Balas
  9. Kalo saat iklan youtube tiba2 suaranya mengecil sendiri itu knp yah? Saya pakai youtube di tv samsung.
    Kalo diupdate selalu saat ada update an

    Balas
  10. Gan mau tanya,, saya diberi tugas sama guru saya suruh upload vidio di youtube, tp saat vidio di buka lewat hp, suaranya seperti suara ultrasonic,, kenceng banget,, suara vidio saya kalah dengan suara backsoundnya,, padahal suara saya sudah di setting 200 sedangkan backsound cuma 2,,
    nih link nya gan,,mbok tau caranya
    https://youtu.be/zjekv-nhm_4

    Balas
  11. Mau bertanya pak, hp saya samsung kemaren tiba-tiba setiap saya memplay video jadi slow motion dan tidak ada suaranya baik di you tube,instagram, galeri, juga alarm hp jadi gak ada suaranya. Itu kirakira kenapa ya pak?

    Balas
    • Mas download pakai aplikasi YouTube atau lainnya?

      Sekarang video di Youtube itu pisah antara video dan audio soalnya.

  12. pc saya suara youtubenya kecil banget mas. nyaris ga kedengeran. ada yg kemresek ga jelas. ada juga video youtube yg suaranya jelas tapi dikit banget. kebanyakan kemresek atau kecil suaranya. saya udah nyoba semua browser., hasilnya sama aja.thx

    Balas
  13. Saya kan buat channel baru upload di pc suara nya ada, ketika saya ingin menonton video sya di youtube menggunakan hp kok suara audio rusak ya gimana?

    Balas

Tulis komentar...