Memperbaiki suara yang rusak pada video di YouTube

Last Updated on Mei 4, 2014

Bila anda mengalami suara dari video YouTube rusak atau terdapat distorsi sehingga menganggu kenikmatan menonton. Masalahnya hal ini terjadi tidak pada semua video di YouTube, tapi hanya pada beberapa video saja. Videonya akan dapat dimainkan dengan baik hanya audionya saja yang rusak.

Resolusi video tampaknya tidak berpengaruh terhadap hilangnya audio di YouTube, walaupun anda berganti resolusi dari 240p, 360p, 480p, 720p, 1080p bahkan Original resolution tidak ada efeknya.

Solusi sementara untuk mengatasi masalah ini adalah gunakan web browser alternatif lainnya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome atau Opera. Kalau saat anda mencoba memainkan video dengan browser lain ternyata suara terdengar lancar dan tidak ada gangguan, maka kemungkinan ada masalah terhadap plugin Flash browser anda. Menggunakan browser alternatif merupakan solusi sementara sambil menunggu update dari plugin Adobe Flash Player.

Penyebab lain dari masalah audio di YouTube adalah anda tergabung dalam eksperimen HTML5 Video di YouTube, dengan mengikuti program beta ini anda akan menonton semua video yang didukung menggunakan format video HTML5 tanpa menggunakan Flash. Beberapa pengguna YouTube akan secara otomatis mengikuti percobaan video HTML5 ini tanpa sepengetahuan pengguna.

Batalkan keikutsertaan anda di halaman YouTube HTML5 Video Player dengan menekan tombol Leave the HTML5 trial, setelah itu buka kembali halaman video YouTube yang bermasalah tadi.
youtube-html-5-trial

Salah satu faktor utama masalah audio rusak di YouTube terletak pada Flash player, jadi lebih baik anda hapus instalasi plugin Flash dan melakukan instalasi ulang dengan update versi terbaru. Bila masih belum berhasil berarti kemungkinan ada masalah di YouTube itu sendiri atau plugin Flash, jadi anda cuma bisa menunggu updatenya saja. Anda juga bisa mencoba memperbaiki Flash di YouTube.

49 pemikiran pada “Memperbaiki suara yang rusak pada video di YouTube”

  1. Gan mau tanya,, saya diberi tugas sama guru saya suruh upload vidio di youtube, tp saat vidio di buka lewat hp, suaranya seperti suara ultrasonic,, kenceng banget,, suara vidio saya kalah dengan suara backsoundnya,, padahal suara saya sudah di setting 200 sedangkan backsound cuma 2,,
    nih link nya gan,,mbok tau caranya
    https://youtu.be/zjekv-nhm_4

    Balas
  2. Mau bertanya pak, hp saya samsung kemaren tiba-tiba setiap saya memplay video jadi slow motion dan tidak ada suaranya baik di you tube,instagram, galeri, juga alarm hp jadi gak ada suaranya. Itu kirakira kenapa ya pak?

    Balas
    • Mas download pakai aplikasi YouTube atau lainnya?

      Sekarang video di Youtube itu pisah antara video dan audio soalnya.

  3. pc saya suara youtubenya kecil banget mas. nyaris ga kedengeran. ada yg kemresek ga jelas. ada juga video youtube yg suaranya jelas tapi dikit banget. kebanyakan kemresek atau kecil suaranya. saya udah nyoba semua browser., hasilnya sama aja.thx

    Balas
  4. Saya kan buat channel baru upload di pc suara nya ada, ketika saya ingin menonton video sya di youtube menggunakan hp kok suara audio rusak ya gimana?

    Balas

Tinggalkan komentar