Memperkecil ukuran JPG secara online dengan CompressJPG

Gambar dengan format JPG atau JPEG umum digunakan dalam komputer dan merupakan format pilihan dalam foto. Kualitasnya sendiri cukup bagus dengan ukuran yang cukup kecil. Tapi bila gambar JPG tersebut memiliki resolusi dan kedalaman warna yang tinggi jangan kaget kalau ukurannya bisa cukup besar, ini berbanding lurus dengan kualitas foto atau gambar dalam format JPEG tersebut.

Pada umumnya kita bisa mengecilkan lagi file JPG dengan melakukan kompresi, ini bisa dilakukan tanpa kehilangan kualitas yang berarti – mata manusia biasanya tidak bisa membedakan. Kalau anda membutuhkan pengecilan gambar dengan cepat tanpa perlu menginstall program seperti JPEGMini, maka anda sebaiknya menggunakan layanan kompresi JPG online seperti CompressJPG.

compressjpg
Cara menggunakan CompressJPG untuk memperkecil ukuran file JPG/JPEG sangatlah mudah. Pertama siapkan dulu gambar atau foto dengan format JPG dan langsung klik Select Files atau langsung tarik dan taruh file tersebut di halaman ini, kemudian klik Upload Queue.
compressjpg-upload-queue
CompressJPG mendukung kompresi sampai 20 buah gambar sekaligus yang nanti prosesnya akan diantrikan. Bila anda memasukan file BMP dan PNG akan otomatis dikonversikan ke JPG.

Setelah proses upload selesai, anda bisa memilih salah satu gambar untuk diatur proses kompresinya.
compressjpg-image-before-after
Anda bisa mengubah berapa besar rasio kompresi pada opsi di sebelah kanan. Secara default nilainya adalah 80 – disini saya ubah menjadi 90, yang bisa dilihat bahwa dari ukuran gambar 859KB menjadi 202KB. Hasilnya sendiri tidak tampak ada pengurangan atau penurunan kualitas gambar yang bisa dibedakan dengan mata telanjang. Klik tombol Compress untuk mendownload hasil kompresi JPG-nya.

2 pemikiran pada “Memperkecil ukuran JPG secara online dengan CompressJPG”

Tulis komentar...