Memperkecil ukuran PNG secara online dengan CompressPNG

Gambar dalam format gambar PNG (Portable Network Graphic) adalah pilihan utama kalau isinya lebih banyak elemen yang sama seperti poster atau komik, jadi memang kurang cocok kalau digunakan untuk menyimpan foto karena detailnya cukup banyak dan presisi – kalau ini sebaiknya menggunakan JPEG. Karena PNG menggunakan algoritma kompresi lossless maka tidak ada perbedaan kualitas dari yang ukuran kecil atau besar, asalkan tidak diganti resolusinya.

Maka dari itu format PNG cukup aman apabila dioptimalkan gambarnya sambil menjaga kualitasnya karena tidak ada informasi yang hilang saat dioptimasi ulang. Cocok supaya website lebih cepat aksesnya karena gambarnya diperkecil tapi tidak ada penurunan kualitas.

Kalau tidak ingin menginstall program apapun untuk memperkecil ukuran PNG maka anda bisa menggunakan layanan gratis dari CompressPNG saudara dari situs sejenis tapi untuk gambar JPG.
compresspng
Anda tinggal mengupload gambar PNGnya dan setelah selesai diunggah maka proses kompresi optimal akan otomatis dijalankan. Prosesnya tidaklah lama, bahkan dalam hitungan detik sudah selesai. Misal ada lebih dari satu gambar maka bisa diupload secara massal dan tentu saja dioptimalkan semuanya dalam antrian.

Dari beberapa kali saya menguji coba layanan ini ternyata bisa mencapai 80% lebih kecil dari file sumbernya. Cukup fantastis!

Hasilnya bisa didownload satu per satu atau langsung saja diarsip semuanya menjadi satu buah file ZIP jadi cukup sekali saja mengunduhnya gambar hasil pemrosesan CompressPNG.

Tulis komentar...