Memulihkan fungsi tombol backspace pada Google Chrome

Pada update terbaru Google Chrome (versi 51) ada satu perubahan perilaku saat tombol backspace ditekan. Satu hal sederhana aslinya, sebelumnya (atau malah standarnya browser) apabila kita menekan tombol backspace maka akan kembali ke halaman sebelumnya yang dibuka. Tapi sekarang sudah tidak bisa lagi karena fitur ini dihapuskan.

Kenapa? Berdasarkan analisa tim pengembang Google Chrome bahwa sangat jarang sekali, diangka 0.04% malah. Sisanya yang menekan backspace adalah disebabkan kesalahan menekan tombol yang bersebelahan atau ingin menghapus tulisan tapi malah kembali ke situs sebelumnya.

Dapat disimpulkan mungkin sangat kecil orang yang merasa kehilangan atau bingung apakah instalasi Chromenya rusak apabila sudah terbiasa menggunakan backspace (atau keyboard untuk navigasinya). Ya seperti saya, karena memang lebih cepat pakai keyboard daripada mouse kalau sudah hapal kombinasi hotkeynya.

Bagaimana solusinya? Kita harus pakai tombol di toolbar browser. Atau dari Google Chrome sendiri mengatakan kalau shortcutnya diganti menjadi ALT+← (Tombol panah kiri). Ya repotnya jadi 2 tombol yang harus ditekan untuk mendapatkan efek yang sama. Alternatifnya mereka juga merilis ekstensi resmi bernama Go Back with Backspace untuk mengembalikan fitur tersebut.

Leave a Reply