Mencari link mati dengan Xenu’s Link Sleuth

Matinya tautan (link) halaman yang terdapat dalam website bisa merugikan anda sebagai pemiliknya, selain Google akan melaporkan hal ini dalam Webmasters Tool-nya dengan kode 404 Not Found dan juga akan menurunkan kunjungan ke situs atau blog anda karena halaman itu tidak tersedia. Maka tidak salah bila konten yang anda miliki berjumlah banyak dan mencari software untuk mengotomatiskan pencarian link – link mati.

Silahkan coba program bernama Xenu’s Link Sleuth, program kecil ini mampu melakukan scanning terhadap seluruh link yang terdapat dalam situs anda untuk mengetahui statusnya, mulai dari tidak bermasalah, rusak atau mati. Cukup buka menu File dan pilih Check URL… atau tekan CTRL+N.
xenu-link-sleuth

Maka jendela starting point proses pencarian link akan muncul, isikan alamat website anda dan bila ingin mengetahui apakah link yang anda pasang menuju keluar masih aktif atau tidak maka beri centang pada Check external links. Selanjutnya langsung saja klik OK, setting default Xenu ini sudahlah cukup untuk scanning status link – link yang ada secara cepat.
xenu-link-sleuth-starting-point

Proses scanning Xenu’s Link Sleuth akan terlihat dan anda bisa memantau sudah sampai mana tahap pemindaian dari seluruh tautan.
xenu-link-sleuth-scanning

Apa yang perlu anda lakukan setelah menemukan link yang mati di website anda? Sebaiknya anda isi dengan konten yang berhubungan atau hapus saja dari sitemap situs anda. Karena kalau terlalu banyak error not found pada situs bisa mengurangi penilaian Google.

Tulis komentar...