Mencegah SSID WiFi anda dipetakan

Untuk meningkatkan akurasi pelacakan posisi perangkat mobile maka Google dan Mozilla telah melakukan pencatatan juga pemetaan nama jaringan WiFi milik anda. Informasi yang dicari dan dicatat adalah SSID (Service Set Identifier) yang berfungsi sebagai nama dari hotspot anda. SSID ini dipancarkan oleh modem atau router WiFi anda supaya perangkat lain bisa mengenali dan terhubung ke dalamnya.

Karena GPS (Global Positioning System) kadang kurang akurat maka data mengenai WiFi anda yang besar kemungkinan tidak pernah berpindah akan menjadi informasi tambahan yang akan digunakan sebagai faktor pembantu dimana lokasi anda sekarang secara lebih akurat.

Untuk menghindari supaya data mengenai WiFi anda tidak dicatat dan digunakan oleh layanan serupa kita bisa mengikuti panduan Google dan Mozilla yang sepakat tidak akan menyimpan data SSID yang berakhiran kata _nomap di akhir namanya.

tp-link-ssid-settings

Jadi misal sebelumnya nama hotspot anda adalah UTEKNO maka ubahlah menjadi UTEKNO_nomap supaya tidak dipetakan. Kita bisa dengan aman selain kedua nama besar diatas yang menggunakan metode ini yang lainnya juga akan menyusul dengan mendukung kata kunci ini.

Kalau anda kesulitan atau tidak tahu bagaimana mengubah nama SSID anda maka silahkan ikuti panduan berikut berdasarkan merek modemnya: TP-LINK dan Huawei.

Tulis komentar...