Anda menemukan file chtbrkg.dll?

Dalam laporan soal masalah game Minecraft yang crash Javanya saya diberikan log errornya. Umumnya kalau game ini error biasanya disebabkan driver VGA atau audio, tapi yang saya baca malah ada file yang tidak saya kenal: chtbrkg.dll. Hasil dari Google untuk file ini bisa dikatakan tidaklah bagus. 🙁

Jadi dari yang saya kumpulkan informasinya untuk chtbrkg.dll adalah ini sebenarnya malware atau virus yang lokasinya ada di C:\WINDOWS\SYSTEM32\chtbrkg.dll. Kalau anda menjalankan program atau game dan Windows error kemudian didalam pesan kesalahannya ada nama file tersebut maka anda harus segera membersihkannya.

Dari yang saya tahu ini adalah file yang ditambahkan saat kita menginstall program bajakan yang telah dicrack. Salah satu program populer yang bisa ikut ditumpangi malware ini adalah IDM (Internet Download Manager).

Solusinya?

  1. Hapus program/game bajakan yang dicurigai membawa file berbahaya ini.
  2. Kemudian scan pakai antivirus. Saya sarankan Avast atau Panda Free Cloud AV kalau anda tidak tahu mana yang bagus.
  3. Terakhir tuntaskan pakai Malwarebytes Anti-Malware.

Biasanya dengan kombinasi langkah – langkah diatas selain masalah malware yang sedang dibahas ini akan lenyap juga virus – virus lainnya yang ternyata menginfeksi komputer anda akan ikut dibasmi.

Semoga bermanfaat cara mengatasinya. 🙂

Comments (3)

  1. TianSeptriansyah Januari 12, 2017
    • Chandra Januari 12, 2017
      • TianSeptriansyah Februari 6, 2017

Leave a Reply