Menerjemahkan tema WordPress

Baru saja saya menemukan tema WordPress gratis yang menjadi favorit saat ini: GeneratePress. Tampilannya minimalis dan tidak ada tambahan aneh – aneh yang membuatnya lambat. Nah… karena saya ingin berkontribusi ke pembuatnya saya memilih yang mudah bermanfaat yaitu menerjemahkan temanya ke bahasa lokal. Kalau anda ingin tahu caranya bisa mengikuti panduan singkat berikut.

Saya jelaskan sedikit latar belakangnya dulu. Sekarang WordPress sudah wajib menyertakan kata – kata yang digunakan dalam tema dalam sebuah file dengan ekstensi .POT jadi asalkan kita bisa membuka isinya maka juga dengan mudah mengeditnya. Dimana lokasi file bahasa tema tersebut? Silahkan buka folder yang berisi file – file temanya, antara diletakkan diluar atau didalam folder bernama languages seperti di GeneratePress.

poedit-open-po-template

Selanjutnya saya sarankan anda mendownload dulu program Poedit dan menggunakanya untuk edit file POT. Nanti setelah anda memilihnya akan muncul pilihan bahasanya, pilih Indonesian (Indonesia) kodenya nanti id_ID.

Selanjutnya ya langsung saja pilih teks yang ingin diterjemahkan kemudian pada kotak Translation isikan apa artinya dalam bahasa Indonesia. Ternyata cukup banyak kalimat dan kata – kata yang bisa diterjemahkan dalam satu tema WordPress. 🙁 Pelan – pelan saja lah.

poedit-menerjemahkan-tema-wordpress-indonesia

Kalau sudah terisi beberapa saya anjurkan agar rutin – rutin disimpan. Nanti hasilnya akan bernama id_ID.mo (file bahasa yang sudah dikompilasikan) dan id_ID.po (file sumber terjemahan PO yang bisa diedit). Kalau letaknya sudah sama dengan file bahasa yang lain maka WordPress theme tersebut akan otomatis menggunakannya sesuai dengan bahasa WordPressnya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...