Cara mengaktifkan IPv6 di Windows

Di Indonesia penggunaan alamat IP masih sangat populer yang versi 4. Misal anda menemukan sistem pengalaman IP seperti 192.168.1.22 maka inilah IPv4. Sedangkan generasi terbarunya IPv6 perlahan tapi pasti bertambah penggunaannya. Apabila anda membutuhkan akses ke layanan LAN atau online yang wajib IPv6 maka belum tentu Windows anda bisa.

Spesifiknya bukan tidak ada fiturnya tapi untuk beberapa edisi tertentu defaultnya adalah nonaktif. Setidaknya di Windows 7 seperti itu kondisinya. Jadi solusinya sendiri juga sangatlah mudah, aktifkan saja. 🙂

Langkah paling awal adalah membuka Network Connections / Network and Sharing Center bisa lewat icon jaringan di kanan bawah taskbar atau lewat Control Panel membuka setting ini. Selanjutnya tentukan network adapter (perangkat jaringan seperti LAN/WiFi) mana yang ingin dihidupkan dukungan IPv6nya. Dan klik kanan kemudian pilih Properties.

Didalamnya cari Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) dan kemudian centang. Berikutnya klik OK, dan disarankan untuk restart komputernya. Niscaya Windows sudah paham sistem pengalamatan IP versi 6 ini.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...