Mengaktifkan password WiFi yang hilang di modem Telkom Speedy

Aslinya cukup ragu saat saya diberitahu oleh teman bahwa modem ZTE ZXV10 W300S bawaan dari Telkom Speedy harus menggunakan password WiFi yang tertulis di label belakang perangkatnya. Jadi katanya tidak ada cara mengganti password default WLAN di modem ini. Reset setting modem sudah dilakukan, bahkan kata teman saya teknisi Speedy sendiri saat datang ke rumahnya sudah angkat tangan.

Segera saja saya mengakses halaman administrasi modem ZTE ini di alamat IP 192.168.1.254 (atau 192.168.1.1 ya? lupa tepatnya 😀 ) dan menggunakan username dan password default administrator (coba admin dan admin) dari modem pemberian Telkom Speedy.
tp-link-192-168-1-1

Jujur saja saat pertama melihat halaman administrasinya saya pikir ini adalah modem milik TP-LINK karena tampilannya persis, padahal milik Huawei cukup berbeda.

Segera saja saya akses Interface Setup > Wireless, dan benar saja hanya ada pilihan SSID aktif, nama SSID dan sebagainya. Tapi kotak untuk memasukkan password hotspot (Pre-shared key) hilang atau tidak ada. Teori saya ini firmware terbaru dari Telkom Speedy untuk mencegah user awam mengotak – ngatik setting modem tanpa sengaja dan membuatnya rusak dan bisa jadi masalah ini hanya ada di modem ZTE ZXV10 W300S.

wifi-modem-interface-setup-wireless-ssid

Nah… cara saya memperbaiki atau memuncul kotak Pre-shared key ini terus terang tidaklah dengan sengaja. 🙂 Jadi yang saya lakukan adalah:

  1. Mengubah SSID 1 yang defaultnya aktif dan merupakan hotspot yang digunakan teman saya (ini yang tidak bisa diganti passwordnya), menjadi SSID 2 yang berisi Speedy [email protected] yang juga tidak ada kolom passwordnya. Nah… ubah opsinya dari Activated menjadi Deactivated untuk mematikannya.
  2. Kemudian ubah lagi ke SSID 3 dan akan muncul namana flashzone-seamless, ini nonaktifkan juga kalau mati.
  3. Nah… seharusnya SSID 1 yang ingin kita ubah passwordnya akan muncul field Pre-shared key yang kita cari dari tadi.

Saya sendiri melakukan hal – hal diatas, cuma mengubah – ubah SSID dan opsi aktif tidaknya. Tidak ada yang lain dan tiba -? tiba muncul begitu saja. Heran juga sebenarnya, mungkin ada glitch di program modemnya, dan bisa jadi disebabkan SSID 2 dan SSID 3 tidak membutuhkan password karena itu juga SSID 1 terkena pengaruhnya.

Oh ya, mohon maaf tidak ada gambarnya asli dari modem yang dibicarakan (saya menggunakan gambar TP-LINK karena mirip) karena saya lakukan di rumah teman jadi tidak terpikirkan untuk mengambil screenshot apalagi waktunya sudah tengah malam.

6 pemikiran pada “Mengaktifkan password WiFi yang hilang di modem Telkom Speedy”

    • Halo, tidak salah anda beranggapan begitu. Kebetulan saya menemukan hal ini di rumah teman saya dan sayangnya tidak bisa mengulanginya lagi. Yang pasti tampilan administrasi modem ZTE ini persis dengan TP-LINK, dan saya yakin ini cuma masalah glitch pada setting.

      Saya memang tidak bisa memberikan bukti lain atau menjamin cara ini pasti berhasil, tapi tidak ada salahnya dicoba bahkan saya sendiri saat tidak sengaja menggunakan metode ini juga awalnya heran kenaoa bisa berhasil.

  1. kalo mengatasi masalah pass wifi bagaimana ? kronolognya begini ,,,

    ketika saat padam listrik otomatis modem mati dan tidak koneksi ..( pastinya iyalah tidak koneksi karena padam listrik ) pas listrik kembali menyala modem mulai aktif tetapi ada bacaan terisolir, (padahal udh bayar tepat waktu) kemudian scearch di hp bagaimana dan apa aja caranya semua cara di coba all hasil tiba tiba modem ZTE 762778 tereset sendiri dan mengganti nama wifinya seperti semula , saat mau masuk ke wifi yang tereset dengan host ZTE 762778 >>> password ( gagal ) sepertinya kembali ke semula sedangkan saya tidak tau pass semulanya .. sampai saya coba pake CMD juga gagal .. gimana ya min cara mengatasinya

    kirim lewat email aja ya

    • Halo Rizal, itu rasanya semua konfigurasinya kena reset mas. Termasuk username dan password untuk internetnya, jadi gagal tersambung jaringan Telkom.

      Tampaknya cuma bisa minta tolong teknisinya mas.

  2. Bg sayang mau nanya, kan sayang restart modelnya saya tekan tombol kecil di modem terus wifinya berubah jadi speedy instan @ wifiid sblmnya saya pake nama saya tapi skrng berubah dan gk bisa connetc lagi pssnya juga salah gmna mengembalikannya???? Butuh cpt ni

    • Loh ya pasti mas, itu hard reset dan semua konfigurasi modem akan kembali semula.

      Mas bisa masuk ke modemnya pakai user dan password defaultnya?

Tulis komentar...