Mengaktifkan tab Google Chrome untuk Android

Pada handphone baru saya Meizu M2 Note ada hal yang aneh pada saat browsing menggunakan Google Chrome, apalagi kalau sudah banyak halaman terbuka. Bukannya muncul tab – tab seperti pada hp saya sebelumnya yang masih Kitkat, melainkan jadi jendela aplikasi sendiri – sendiri, ini malah merepotkan saat ingin mengganti ke halaman lain yang terbuka. Untung solusinya mudah.

Jadi kenapa Chrome di Android kok jadi aneh seperti ini settingnya? Ternyata oleh Google memang sejak Android 5 Lollipop diubah default perilakunya.

android-chrome-merge-tabs-and-apps-settings

Cara mengembalikan ke setelan seperti sebelumnya untungnya sangat mudah, tinggal buka Settings dan nonaktifkan Merge tabs and apps. Selesai. Browsernya akan otomatis direstart setelah anda ubah opsinya.

Jadi fungsinya apa kalau masing – masing jendela browser dijadikan seakan – akan aplikasi? Katanya sih mempermudah mencari mana tab terakhir yang anda buka, misalkan anda lupa sedang membaca apa. Kalau si pengembang berniat memodifikasi tampilan situs saat dibuka pada Chrome bisa mengganti warna agar menonjol sendirian diantar aplikasi lain dan masih banyak fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan.

Semoga bermanfaat. 🙂

Satu pemikiran pada “Mengaktifkan tab Google Chrome untuk Android”

Tulis komentar...