Mengganti tampilan tab Google Chrome Android ke semula

Dapat pesan WhatsApp dari kawan lama soal masalah sepele. Anda kemungkinan mendapati masalah yang sama, yakni setelah update aplikasi Google Chrome di handphone tampilan daftar tab browser aktif akan berubah juga. Istilahnya tab switcher. Dulu yang modelnya tumpukan atau daftar, sekarang jadi kotak-kotak seperti tabel excel.

Nah ini memang bakal jadi kendala kalau sudah terbiasa pakai geser tab chrome sebelumnya, atau mungkin alasannya adalah privasi.

android chrome new tab grids

Karena dengan sistem kotak-kotak begini thumbnail dari halaman websitenya akan muncul juga bersamaan. Kalau dulu kan masih bisa ditutupi oleh situs diatas atau bawahnya untuk konten sensitif.

Ini solusinya untungnya mudah, cuma perlu manualan sebentar untuk memulihkan setelannya ke semula.

Mengganti sistem tab browser pada Google Chrome Android

  1. Ketikkan alamat chrome://flags.
  2. Cari opsi Tab Grid.
  3. Ganti ke Disable, atau kalau anda ingin bereksperimen bisa ke varian lainnya juga.android chrome tab grid settings
  4. Tutup aplikasi secara menyeluruh, dan jalankan ulang. Atau tap pada tombol Luncurkan Ulang/Relaunch di halaman yang sama.
  5. Selesai.

Tambahan saja, kalau setelah ganti setting tampilan tab chrome tidak ada perubahan jangan panik. Bisa coba aplikasi cleaner di hp, atau restart sekalian. Ini perkara memori dan cache aplikasi soalnya.

Sekian dan semoga membantu. 🙂

Satu pemikiran pada “Mengganti tampilan tab Google Chrome Android ke semula”

  1. Bang nggak bisa buat tab yang kotak kotak kaya yang dicontohkan tadi, yang saya pake tab Chromenya masih berupa list, yang saya pengen berupa kotak kotak yang ada thumbnail nya kemarin bagaimana cara ngembalikanya ?

    Balas

Tinggalkan komentar