Cara mengalihkan HTTP ke HTTPS di cPanel

Patut diakui sejak Google mengumumkan HTTPS akan diperhitungkan dalam ranking hasil pencarian juga dengan mudahnya mengaktifkan HTTS pada CloudFlare membuat banyak website yang dulu masih murni HTTP ikut beralih. Tapi kalau anda sudah memiliki sertifikat SSL sendiri dan memasangnya di cPanel maka tidak serta merta langsung bisa digunakan begitu saja.

Yang terjadi dua versi situs anda akan online bersamaan. Maka dari itu perlu kita redirect trafik pengunjung dari HTTP menuju HTTPS secara otomatis. Dan ini caranya cukup mudah kok. 🙂 Langsung saja login ke cPanel webhosting anda seperti biasanya.

cpanel-file-manager-public-html-edit

Kemudian buka File Manager dan akses direktori public_html atau www dari hosting anda. Cari file yang bernama .htaccess dan langsung saja klik Edit pada toolbarnya atau bisa saja klik kanan.

cpanel-edit-htaccess-redirect-https

Akan muncul text editor pada browser anda, tugas anda selanjutnya adalah menambahkan kode berikut didalamnya.
RewriteEngine On
RewriteCond %{SERVER_PORT} 80
RewriteRule ^(.*)$ https://situs_saya.com/$1 [R=301,L]

atau
RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Setelah itu simpan dan selesai tugas anda. Tapi jangan lupa kalau anda pakai CMS seperti WordPress misalnya agar mengganti Alamat WordPress (URL) dan Alamat Situs (URL) di pengaturannya ke HTTPS. Kalau tidak maka pada beberapa link dan konten akan masih memakai HTTP.

2 pemikiran pada “Cara mengalihkan HTTP ke HTTPS di cPanel”

Tulis komentar...