Mengatasi Cannot find or load Microsoft Installer

Advertisements

Misal anda ingin menginstall Skype dan terjadi masalah, terutama muncul pesan error “Cannot find or load Microsoft Installer” maka ini seringnya disebabkan Windows yang anda gunakan masih kurang lengkap updatenya atau masih butuh aplikasi tambahan baru bisa bekerja normal.

Walaupun yang dibutuhkan adalah Microsoft Installer dan tampaknya tidak tersedia tapi yang diminta ini adalah aplikasi default bawaan Windows. Jadi semestinya tidak menjadi masalah saat instalasi Skype. Tapi ada beberapa solusi yang bisa dicoba kalau anda mengalaminya.

Update ke Windows 7 SP1
Apabila anda menggunakan Windows 7 maka pastikan sudah dimutakhirkan ke Service Pack 1 karena ada beberapa komponen terbaru dari software yang sama. Biasanya ini yang membuat proses instalasi gagal mendeteksi versi lama. Bisa didownload dari sini kalau anda membutuhkan: https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=5842

Advertisements

Install Internet Explorer 11

Sama konsepnya, dan saya baru tahu kalau ternyata ada dependensi Microsoft Installer dengan browser IE11. Tidak ada salahnya dilengkapi.

Install Skype dari sumber lain
Dan kalau masalahnya ada Skype coba gunakan versi installer MSInya: http://www.skype.com/go/getskype-msi

Untuk sementara cara mengatasi yang saya tahu memang cuma sebanyak ini, tapi kalau masalahnya masih mirip (berhubungan dengan instalasi) maka bisa coba solusi Windows Installer yang rusak.

Advertisements

Tinggalkan komentar