Mengatasi Google Chrome tampilannya terlalu besar

Saya termasuk jarang menggunakan Google Chrome dan barusan saja mengupdate ke versi 54, tampaknya ada yang beda. Tampilan browsernya jadi sedikit lebih besar daripada biasanya. Walaupun tidak ada fungsi yang bermasalah tapi agak mengganggu juga kalau ukuran isi halaman websitenya berbeda dan malah membuat informasi yang ditampilkan semakin sedikit karena didesak elemen yang lainnya.

Kalau saya tebak ukurannya tidak lebih besar dari 1.5 lipat dari normalnya. Setelah saya telusuri ternyata ini memang fitur baru yang aktif pada Chrome dan hanya pada display yang mendukung high DPI. Mungkin deteksinya yang masih kurang akurat jadi dipakai setting yang salah.

google-chrome-page-zoom-setting

Sebelum solusi masalah diatas harap dipastikan dulu ini bukan anda salah tingkatan zoom. Bisa cek secara manual di Settings > Advanced Settings > Web Content > pastikan isi Page Zoom adalah defaultnya 100%. Atau tanpa perlu melihat pengaturannya langsung saja tekan tombol CTRL+0 untuk meresetnya.

Kalau bukan disebabkan level Zoom yang salah maka bisa coba alternatif berikut. Yang saya lakukan untuk mengatasinya adalah dengan edit parameter pada icon shortcutnya di desktop. Klik kanan dan pilih Properties. Pada baris target tambahkan parameter ini? /high-dpi-support=1 /force-device-scale-factor=1. Dan kemudian jalankan lagi Chromenya, mestinya akan sukses teratasi. Oh ya, ada spasi sebelum ada menyisipkan kode diatas.

google-chrome-shortcut-properties

Kalau bingung kurang lebih lengkapnya akan seperti ini apabila ada menginstall pada lokasi defaultnya: "C:\Program Files (x86)\Google\Chrome\Application\chrome.exe? /high-dpi-support=1 /force-device-scale-factor=1".

Apabila anda biasa membuka Chrome dari pinned taskbar (icon dibawah), maka hapuslah dulu dan buat ulang dari shortcut yang baru.

Tulis komentar...