Mengatasi suara rekaman video terlalu kecil di Android

Momen – momen sederhana yang terjadi saat ini bisa jadi kenangan yang berharga di masa depan. Pasti bukan saya saja yang ingin mengabadikan kejadian sehari-hari dan istimewa bersama keluarga selagi bisa dalam bentuk video. Toh semua handphone asalkan kapasitas memorinya cukup jelas mampu.

Tapi ada satu masalah yang saya alami dan baru disadari, karena ibu saya sudah sepuh suaranya kecil dan kadang lirih saat berucap. Jadi saat memainkan ulang video rekaman sebelumnya yang keras volumenya ya suara yang pegang hp. Kurang memuaskan padahal sudah capek ngobrol ngalor ngidul tapi tidak maksimal hasilnya. Catatan hp saya adalah Realme 3 Pro dengan Android 10.

Ada satu cara mengatasinya yang sukses bagi kasus saya, jadi berdasarkan pengalaman pribadi saja. Kita kurangi hal-hal non-esensial yang berhubungan dengan audio Android intinya.

Menonaktifkan Google Voice Typing

  1. Langsung saja ke Settings.
  2. Kemudian Additional Settings.
  3. Lanjut ke Keyboard & input method.
  4. Matikan fitur Google Voice Typing.

Ini fungsinya kalau kita ingin mengirimkan pesan atau instruksi tapi menggunakan suara, cocok saat sedang menyetir di jalan. Jadi tidak membahayakan diri dan sekitar karena fokus ke hp, juga menghindari tilang elektronik.

Tambahan saja kadang dalam Google Voice Typing ada opsi While Driving dan Hey Google, kalau ingin tetap pakai suara ke ketikan maka keduanya tadi bisa dinonaktifkan kalau tidak terpakai. Fungsinya untuk kita tetap bisa mengetik selama mengemudi dan satunya memanggil Google Assistant. Bebas, keputusan di tangan anda.

Semoga proses video recording anda kembali normal setelah pakai solusi ini.

Tinggalkan komentar