Mengatasi error “BUGCODE_USB_DRIVER”

Blue Screen, pertanda musibah di sistem operasi Windows sejak dulu kala. Masalah yang terjadi bisa berat atau ringan tergantung spesifiknya. Dan ini bisa dibaca dari kode error yang ditampilkan di layar.

Salah satunya yang bisa dialami di Windows 10.

Your PC ran into a problem that it couldn’t handle, and now it need to restart.
BUGCODE_USB_DRIVER

Solusi pertama, restart komputer

Ya, ini hal simple. Tidak semua error di Windows itu perlu diutak-atik. Kadang cukup dengan restart sudah teratasi. Makanya banyak cs ISP kalau dikomplain solusinya suruh restart dulu.

Teknisnya kenapa bisa solved hanya restart, karena dengan memulai ulang perangkatnya akan diperiksa dari nol. Jadi apabila kendalanya disebabkan saat beroperasi ya tidak ikut terbawa.

Lepas perangkat USB

Sesuai kodenya “BUGCODE_USB_DRIVER”. Ini masalah dengan perangkat yang terpasang dengan port USB. Bisa Flashdisk, Mouse, Keyboard, Webcam, dan sebagainya.

Bisa dicoba lepas satu per satu, atau lepas semuanya sekalian. Kalau pakai laptop coba gunakan touchpad dulu sementara apakah errornya kembali lagi.

Kalau tidak, jelas salah satu devicenya ada masalah atau bisa jadi rusak.

Konflik antar alat USB

Ini berhubungan dengan yang diatas. Spesifiknya kadang ada error kalau 2 alat dipakai bersamaan. Misal Keyboard dengan USB Hub.

Memang sangat jarang terjadi, selama belasan tahun pakai Windows baru dihitung jari.

Update driver

Ini solusi pamungkas. Yang perlu kita cari drivernya adalah untuk USB. Kalau pakai PC cek nama dan tipe motherboardnya, kemudian cari drivernya.

Sedangkan jika di laptop masalahnya. Mirip, cari saja merek+tipenya dan download drivernya untuk sistem operasi yang digunakan.

Tinggalkan komentar