Mengatasi error lsass.exe dan Windows harus restart

Memang support IT itu hari libur pun masih ada yang minta bantuan, kali ini dari laptop kantor yang dipinjamkan ke karyawan baru. Kasusnya mengalami bluescreen secara rutin tanpa penyebab yang jelas. Masalahnya langsung minta restart dan tidak bisa ditunda, 1 menit langsung otomatis reboot.

Jalankan Chrome kadang langsung crash dan antivirus aktif bisa bluescreen sendiri adalah contohnya. Tapi setidaknya kita tahu aplikasi yang bermasalah dari pesan kesalahannya.
A critical system process, C:\WINDOWS\system32\lsass.exe, failed with status code c0000005. The machine must now be restarted.

Program lsass.exe ini termasuk dalam aplikasi keamanan Windows 10. Kabar baiknya, masalah bsod ini gampang cara mengatasinya. Setidaknya ada 2 jalan yang bisa anda lakukan solusinya.

Jalankan Windows Update

Ini adalah laptop stok lama yang tidak pernah digunakan, jadinya versi Windows 10 masih tertahan di awal 2020an. Jadi jalankan saja Windows Update lewat Control Panel, atau biarkan saja hidup komputernya beberapa lama untuk cek update terjadwalnya dieksekusi.

Tinggal konfirmasi saja untuk mendownload dan menginstall update-update sistem operasi terbaru yang tersedia saat ini. Ini bisa makan waktu agak lama, apalagi kalau sudah setahunan.

Install hotfix

Dan masalah lsass.exe banyak yang mengalami ternyata, karena Microsoft sendiri mengeluarkan hotfix KB4565503 yang termasuk didalamnya untuk memperbaiki error tersebut. Downloadnya disini: https://www.catalog.update.microsoft.com/Search.aspx?q=KB4565503

Pastikan sesuai dengan jenis Windowsnya bisa 10 atau Server, dan arsitektur prosesornya bisa 32-bit (x86), 64-bit (x64), dan ARM. Install dan restart.

Niscaya tidak akan terulang lagi bluescreenya dan komputer sudah bisa dipakai dengan normal kembali.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar