Mengatasi gagal impor registry Windows

Kemarin saya mendapatkan laporan dari mas Rizky mengenai file registry Windows (.REG) yang gagal diimpor ke komputernya. Alih – alih muncul pesan sukses telah berhasil digabungkan malah yang muncul adalah pesan error seperti berikut “Cannot import windows-ambil-alih.reg. The specified file is not a registry script. You can only import binary registry files within the registry editor.“.

Saat saya mendapatkan pertanyaan ini aslinya ikut bingung karena setiap file modifikasi data registry Windows telah saya uji coba sebelumnya. Jangan sampai ingin menyelesaikan masalah kok malah muncul masalah lainnya kan?

regedit-cannot-import-specified-the-file-is-not-a-registry-script

Nah… kalau anda sedang mengalami hal serupa maka bisa mencoba salah satu solusi berikut untuk mengatasinya, tapi silahkan perhatikan dahulu bagaimana struktur isi file registry umumnya dan nanti bandingkan dengan milik anda. Membukanya cukup dengan menggunakan Notepad saja, formatnya teks kok.

isi file registry untuk mengambil alih permissions Windows dengan klik kanan.
Isi file registry untuk mengambil alih permissions Windows dengan klik kanan.
  1. Pertama pastikan dulu saat anda menyimpan filenya (Save as) tipe Encodingnya adalah bertipe ANSI bukannya yang lain seperti Unicode.
  2. Kedua, pastikan pada awal filenya ada tulisan Windows Registry Editor Version 5.00, ini menandakan bahwa file tersebut ada file registry yang valid dan bisa dibaca registry editor.
  3. Ketiga cek jenis tanda kutip yang digunakan, jangan sampai berbeda dengan standarnya.

Dari kasus yang disampaikan mas Rizky ternyata memang karena kesalahan saya sendiri yang meletakkan komentar dibagian paling atas, inilah yang menyebabkan proses impor registry gagal. Jadi cukup menggunakan solusi nomor 2 untuk mengatasinya.

Tulis komentar...