Mengembalikan ke semula setting permissions yang salah di Windows

Anda sedang memilah – milah akun User di Windows yang sekiranya lebih baik dibatasi hak aksesnya baik untuk modify (mengubah), read (membaca). menulis (write) dan sebagainya. Bisa saja terjadi kesalahan seperti akun administrator tidak diberi hak untuk write pada harddisk sehingga… anda tidak bisa mengubahnya kembali. Setidaknya saya baru saja mengalami hal ini, sungguh pengalaman yang lucu kalau dipikirkan. Gambar dari setting permissions Windows yang salah ini saya sertakan juga dibawah untuk dijadikan contoh dan kenangan, semoga bisa bahan pembelajaran bagi anda.

sumber gambar: Rizky Yudha Prayoga di komentar pengunjung dibawah. Ternyata entah kenapa saya lupa menyertakan gambarnya.
sumber gambar: Rizky Yudha Prayoga di komentar pengunjung dibawah. Ternyata entah kenapa saya lupa menyertakan gambarnya. Terimakasih mas Rizky.

Tentu masalah mengenai permission Windows tidak dibatasi pada akun administrator saja, kesalahan pada setting permission user biasa di Windows juga bisa menjadi penyebabnya. Daripada anda bingung mengutak – atik setting permissions akun di Windows, kadang lebih baik mereset semuanya ke administrator dan memulai dari awal kembali. Ini merupakan cara paling mudah untuk mengatasi masalah pada permissions Windows – tinggal reset saja daripada repot.

Apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki settings permissions Windows ke semula? Ikuti saja langkah – langkah berikut ini, misal disini yang diubah ijin hak aksesnya adalah drive C:\ dan menggunakan Windows 8 – untuk versi Windows lainnya langkahnya mirip, tapi kalau menurut anda kurang jelas silahkan tuliskan di komentar maka akan saya perjelas untuk versi Windows yang diinginkan.

Pertama klik kanan pada file, folder atau drive yang bermasalah permissions-nya dan pilih Properties, kemudian pindahkan pada tab Security.

Klik tombol Advanced. Ubah Owner ke Username anda, kemudian beri centang pada “Replace Owner on subcontainers and objects”, dan centang juga pada “Replace all child object permission entries with inheritable permission entries from this object”.

Klik tombol OK untuk menerapkan modifikasi permission Windows, dan anda bisa menggunakan file atau folder yang salah setting permissionnya seperti sediakala.


 

Kalau anda rasa langkah – langkah diatas kurang jelas silahkan ikuti artikel berikut: Cara setting manual permission Windows sumbangan dari mas Rizky dengan gambar yang lengkap. Alternatifnya langsung gunakan cara registry dibawah yang jauh lebih mudah.


 

Tambahan: Menurut anda cara diatas terlalu ribet? Silahkan gunakan metode registry untuk mengambil alih permissions Windows dengan klik kanan. Nanti saat anda klik kanan di suatu file atau folder akan muncul opsi Ambil Alih, cukup diklik dan sudah selesai.

176 pemikiran pada “Mengembalikan ke semula setting permissions yang salah di Windows”

    • Halo Hidayat, user yang mas pakai ada hak administratornya tidak? Paling penting ini. Ini printer di jaringan?

    • Halo Rizal, mas pakai Windows apa? Terus ini masalahnya pada permissions file/folder apa? Kasusnya seperti apa mas?

      Yang paling penting, user yang mas pakai ada hak administrator?

    • Bisa dijelaskan lebih rinci mas? Ambil alih folder? Di drive C?

      Dan apakah user yang sedang mas pakai ada hak administrator?

  1. Mau nanyaaaa. Kayaknya bakal OOT.
    Saya baru aja ganti password windows karena sebeumnya laptop saya lock sendiri dan saya ga ngerasa ngasih password, saya coba buka juga gak bisa terus…
    Nah pas ganti password ini ada tulisan tentang EFS gitu, intinya bakal kehilangan (lose) EFSnya gitu..
    Tp karena buru2, saya ganti aja passnya. Itu adi kenapa2 gak ya ke laptop saya?

  2. Bro, fix ini gimana cara
    The System administrator has set policies to prevent this installation
    Udah saya coba pake regedit, gpedit.msc masih tidak bisa

  3. satu lagi mas saya kan bikin akun administrator nah itu akun satu satu nya ndaada akun lain terus tu pas restart masuk home screen look ada tulisan akun disabled itu gimana

  4. Sob.. Gua udh centang tuh yg “replace owner on subcontainers and objects” tapi gua gk liat tuh yg mau dan centang lainnya.. Jd gue teruskan aja terus akhirnya dia access is denied.. Itu gmna sob?

  5. TRIMAKASIH BANG. . . Artikel ini sangat membantu sekali
    Apalagi bisa menolong orang yang kebingungan kaya saya . Lanjut terus gan

  6. laptop saya tdk sengaja mengganti administrator ke user account sehingga semua harus ijin ke administrator. bagaimana cara mengembalikan hak administrator lagi ya?

  7. Kasus laptop saya ” administratornya disable, jadi ketika proses starting muncul kotak “log on to windows”, saya tidak bisa log in sama sekali. kira-kira gimana tindak lanjutnya?

    • Sebentar mas. Ini tampaknya bukan error di Windows tapi browser? Pakai apa ya? Firefox/Chrome? Membuka website apa?

  8. Mas, saya ga sengaja mendisable user acount,..
    nah tiba2 juga ga tau knp klo mau buka folder harus minta izin dlu ke administrator ato apa itu lah, nah itukan suruh tekan yes, tapi ga bisa2. alhasil saya jadi ga bisa buka itu folder.
    akhirnya saya coba searching tentang enable user account,.. saya udh ikutin cara2nya tapi di pertengahan ga bisa karna accsess denied.
    menurut saya itu udh skak mat. solusinya gimana ya mas ? please jawab :’)
    posisi di windows 7

  9. Mau tanya gan, local disk d saya iconnya berubah seperti icon aplikasi yg belum di close, dan namanya pun berubah menjadi nama game yang ada di loc disk d saya. Itu gimana ya gan mohon bantuannya hehe

  10. mas bro laptop sy untukngeprint file exel tdk bs tp word bisa stlh mengikuti ptjuk lwt device modify jg tdk bisa dhpus lwt permision jg tdk bs. apa solusinya

  11. mas cara nya kasik akses untuk bisa write and read di (microsoft exel 2007) gmana mas??

    untuk di server nya harus gmana…
    di tunggu feedback nya…
    THX

  12. Mas gimana cara hapus file punya user account di C: User yang sudah didelete dengan pilihan keep file. Dan juga ada short cut File user yg sudah didelete tidak bisa di hapus. Saya pakai Win8.1. makasih.

    • Maksud saya user account yang kita delete meninggalkan File di Folder User di drive C, dan juga muncul short cut File di desktop punya User yg kita delete. Waktu delete user account pilih keep file. Mau hapus shortcut dan file nya tidak bisa.

  13. permisi mau tanya nih gan kasus ane begini, pertama ane pasang bitlocker di win 10 pas ane downgrade ke win 7 kok hdd yang ane kasih bitlocker gak bisa kebuka di win7 padahal passwordnya sama.. tolong pencerahaannya dong master..

    thx

    • Enkripsinya mungkin ganti atau tidak kompatibel dari baru > lama.

      Dan setahu saya, yang didukung resmi cuma upgrade.

  14. mas mw nanya nh… pernah sya mindahin data dari folder user document ke disk D kenapa ya klo sy mindahin file nya kadang ada bacaan this file need administration permission ? mohon di reply gan … sy pke win10 pro 64bit πŸ™‚

  15. Maaf msu nanya
    Saya pakai windows 10, kemaren tanpa sengaja folder libraries itu ke klik pindah ke public ( document, download, picture, music, video)
    Bagaimana cara mengembalikan save folder itu semua?

    • Sebentar mbak, maksudnya Libraries yang di menu samping lokasi foldernya dipindahkan?

      Coba di folder LIbraries, pada menu diatas klik Libraries Tools > Manage > Restore Settings.

  16. Saya utak atik property drive C Windows 7 saya kok jadi nggak bisa login user dan juga nggak bisa akses drive c yah tolong bantuannya gan

    • πŸ™ Wah saya ngeblank mas kalau deskripsinya cuma itu. Bisa diperjelas lagi bagaimana utak atiknya? Login user waktu booting WIndows?

  17. Laptop saya window 7asalnya saya pake tampilan safemode waktu saya kmbali ke tampilan windows 7 ultimate setelah saya nyalakan lagi jadi ada tampilan police security network tak bisa kbuka sama skali,solusinya gan?

    • Ini bisa dituliskan pesan error lengkapnya mas? Yang dituliskan saya sendiri tidak mengenali, mungkin ada hubungan dengan policy editor Windows?

  18. mas, laptop saya tidak bisa akses internet dan tidak ada simbol wifinya , trus pas saya chek network dan shaing ada tulisan access is denied , itu bagaimana ya ? laptop saya windows 7 mas. terimakasih

  19. Numpang tanya gan, pc saya di opsi properties cuma ada opsi general saja gan, niat mau ubah ikon folder jadi tidak bisa, mohon pencerahannya gan, saya cari di situs2 belum ketemu solusi. thx

  20. min jadi gini saya mau mindahin file pes 2019 kedalam folder trs ada tulisan kaya harus minta izin, nah saya udah ikutin caranya tapi kok gk ada kata kata “Replace Owner on subcontainers and objects” dan β€œReplace all child object permission entries with inheritable permission entries from this object”. punya saya win 10

Tulis komentar...