Mengatasi gagal install Windows disebabkan “does not contain required free space”

Tampaknya masalah ini mudah untuk diperbaiki, anda berusaha menginstall Windows tapi terdapat pesan error bahwa tidak ada ruang di harddisk yang cukup untuk instalasi Windows. Apa? Padahal harddisk anda masih kosong dan terdapat unallocated space yang besar.

Kasus yang saya alami adalah saat berusaha menginstall ulang Windows 8 ke dalam harddisk yang digunakan sebelumnya, tapi partisi harddisk telah diformat. Jadi bisa dikatakan ini proses instalasi Windows dari awal. Nah… setiap saat mengikuti wizard untuk menginstall Windows 8 ini saya terhenti di bagian memilih partisi tempat instalasi Windows. Pesan error yang muncul adalah:

Setup was unable to use existing partition because the system volume does not contain the required free space.

Jadi installer Windows tidak bisa menggunakan partisi yang telah anda pilih karena kapasitas harddisk yang tersedia kurang. Padahal anda sudah melihat sendiri bahwa kapasitas yang tersedia jelaslah lebih dari yang dibutuhkan, bahkan masing kosong semua dan bertipe unallocated space. Saya sudah mencoba mengulangi proses instalasi dari awal kembali sampai membuat partisi baru, dan semuanya gagal.

Setelah menggaruk – garuk kepala karena bingung apa penyebabnya Windows tidak bisa diinstall ke partisi yang jelas masih tersedia kapasitasnya, akhirnya saya putuskan untuk berjudi dengan menghapus partisi System Reserved dan… ternyata proses instalasi Windows 8 bisa dilanjutkan.

Karena penasaran saya mencoba mencari tahu apakah partisi System Reserved ini, dan ternyata Windows kadang akan berusaha menginstall ke partisi System Reserved ini walau anda telah menentukan partisi lainnya. Jelas gagal karena ukurannya cuma 100MB.

System Reserved ini digunakan oleh BitLocker di Windows, kalau anda hapus bisa membuat fitur ini tidak berfungsi. Tapi karena yang dilakukan sekarang adalah install ulang maka anda bisa dengan aman menghapusnya dan setup Windows akan otomatis membuatnya kembali. Jadi tidak akan ada masalah walau partisi System Reserved dihapus.

28 pemikiran pada “Mengatasi gagal install Windows disebabkan “does not contain required free space””

    • Halo Beo, seperti yang sudah saya jelaskan diatas ini dikarenakan installer Windows 8 salah memilih partisi untuk instalasinya, biasanya disebabkan adanya partisi System Reserved yang cuma berukuran 100MB. Solusinya yang berhasil saya coba adalah dengan menghapus partisi tersebut dan mengulangi kembali proses instalasinya.

  1. Mantab infonya…sangat membantu,
    saya dari kmren ubek2 kok gak bisa install windows katanya free space…..akhirnya mampir di sini dapat solusi…makasih banyak…sangat bermanfaat

    • Bisa mas Geo, tapi lokasi instalasinya berbeda dengan asalnya. Coba ini dulu deh mas untuk mengembalikan System Reserved:
      1. Boot ke DVD/USB installer Windows.
      2. Lewati Startup Repair dan jalankan command prompt.
      3. Ketik diskpart dan ENTER.
      4. Ketik list partition dan ENTER.
      5. Catat angka partisi dari drive C.
      6. Ketik select [angka_partisi]. Misal select 1.
      7. Ketik active dan ENTER.
      8. Ketik exit dan ENTER.
      9. Restart dan kemudian jalankan Startup Repair 3 kali.
      oh ya, saya sarankan untuk melakukan backup dulu. Namanya mengutak – atik harddisk ada resiko data hilang.

    • Kabarnya buat manggil hujan mas. 😛

      Perintah diatas kalau berhasil (semoga), nanti akan membuat kembali partisi system reservednya.

  2. Ane juga baru kali ini install windows muncul tulisan gitu, slama ini install punya sendiri, kantor, ma temen2 lancar aja, hampir frustasi kirain drive nya rusak, rupanya ngatasinya simple bnget y gan, wkwkwkwk

    Thanx gan pencerahanya

  3. Makasi.. Sukses.. Sangat membantu.. Karena di blog lain menyarankan….. Create partisi resiko data hilang di semua drive

    • Sama – sama mas. Kalau sampai buat partisi baru, memang data lama akan diformat. Kecuali yang dipartisi yang unallocated space.

Tulis komentar...