LOADING

Type to search

Troubleshooting Windows

Mengatasi layar menjadi gelap setelah update Windows 10

Beberapa hari lalu saya mendapatkan kasus yang dialami salah satu pembaca pada laptop Dellnya yang setelah selesai mengupdate Windows 10-nya malah muncul masalah. Yakni tampilan layarnya menjadi gelap sekali, dan tidak bisa diatur lewat brightness laptop ataupun lewat Windowsnya sendiri.

Secara spesifiknya. Saat loading Windows 10 dan masuk ke layar desktopnya semuanya masih normal. Tapi selang beberapa detik tiba – tiba akan menjadi gelap displaynya. Jadi sangat mempersulit saat ingin melihat atau membaca apa yang tampil di layarnya. Dan karena ini laptop maka sangat kecil kemungkinan ini disebabkan monitornya.

Solusinya sendiri tidak langsung ditemukan. Setelah ngobrol beberapa lama, mulai dari install ulang driver VGA (kemungkinan besar disebabkan ini yang tidak kompatibel), atau coba masuk ke safe mode dan setting manual brightnessnya darisana (ini bisa, tapi tidak terbawa ke mode booting normal). Sampai akhirnya orangnya ingin menyerah dan install ulang Windows katanya.

Setelah saya mencari inspirasi dan referensi, ternyata memang betul ada hubungannya dengan GPU yang dipakai. Kebetulan pada laptopnya terpasang bukan VGA internal biasa seperti Intel HD atau APU-nya AMD, tapi Nvidia. Jadi bagaimana cara mengatasinya? Ada 2 cara yang bisa dicoba.

Kembalikan agar Nvidia yang mengendalikan sistem display Windows:

  1. Buka Control Panel > NVidia Control Panel > Display> Desktop Color Settings
  2. Pada setting warna pilih Use NVidia Settings.

Jangan install GeForce Experience:

  1. Silahkan uninstall driver Nvidia sebelumnya.
  2. Setelah itu download dan install versi driver terbarunya.
  3. Pada opsi Personalized, hilangkan centang pada GeForce Experience.

Silahkan pilih langkah – langkah mana yang termudah dulu menurut anda.

Sekian dan semoga membantu. 🙂

Tags:

Tulis komentar...