Memperbaiki layar monitor gelap setelah install driver

Apabila anda menggunakan graphic card dari AMD atau NVIDIA dan mendapati setelah install driver terbaru layar monitor anda menjadi gelap atau hitam, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebabnya. Permasalahan bisa terjadi di hardware, ini yang semoga bukan penyebabnya atau permasalahan terletak di driver yang baru saja anda install.

Layar gelap ini kemungkinan dipengaruhi oleh backlight dari monitor mati atau redup setelah instalasi driver AMD. Untuk memastikan ini bukan kerusakan hardware, silahkan coba masuk ke Safe Mode di Windows. Cara mengakses Safe Mode adalah dengan menekan F8 pada saat loading Windows, dan pilih Boot into Safe Mode.

windows-safe-mode-selection

Bila kita menggunakan Windows dalam mode Safe Mode maka Windows tidak akan menggunakan driver tambahan seperti audio, graphic dan sebagainya. Kalau anda bisa melihat tampilan di layar anda dengan jelas berarti permasalahan memang terletak pada driver anda.

Cara mengatasi layar gelap ini dimulai dengan menghapus instalasi driver yang bermasalah dalam Safe Mode, pastikan dengan menggunakan aplikasi Driver Sweeper untuk totalitas. Kemudian carilah driver yang sesuai dengan tipe graphic card anda, blla anda menggunakan laptop atau notebook maka carilah driver pada website pabrikannya seperti ACER, ASUS, DELL, COMPAQ, dan sebagainya jangan dari situs AMD atau NVIDIA karena terkadang terdapat perbedaan dari driver graphic card desktop dan laptop.

Bila sebelum kerusakan ini terjadi error seperti blue screen, coba telusuri apa penyebabnya terlebih dahulu dengan bantuan program BlueScreenView.

Kalau kerusakan terjadi pada monitor, coba goyang – goyangkan monitor anda dengan harapan backlight anda kembali ke posisi normal dan terhubung konektornya sehingga bisa digunakan kembali. Kalau terjadi pada graphic card, tampaknya anda harus membeli kartu grafis yang baru untuk menggantikannya.

56 pemikiran pada “Memperbaiki layar monitor gelap setelah install driver”

  1. Bg punya saya lain dari yg lain.. blank screen ketika update driver RADEON SOFTWARE NAH pada awalnya baik2 aj , kemudian ada tulisan setup ati Radeon nah baru disitu lah kenanya bg udh pake cara apapun gk bisa ctrl+alt+delete , f8+shift juga terus cursor mouse juga gk ad,, oh iy ini permasalahan ny dilaptop hp 14bw024ax bg dengan cpu AMD A9 mohon bantuannya thanks

    Balas
  2. Mau tanya Saya kan Pakai OS 32 bit baru beli VGA 1 GB Nvidia Gforce 210 64 bit kok selalu sering not responding kalau man game online kadang crash atau blank

    Balas
  3. Bang gua udah berbagai cara update bios, pake driver yang terbaru, uninstall instalasi driver vga vega 3 dari safe mode, pake windows 10 yang terbaru, pake driver vga vega 3, dari web amd ttp gak bisa, selalu black sceen setelah logo windows 10 itu langsung hitam semua layar

    Balas
  4. mas. kl nggak salah terakhir donwload saya memasang game nfs mw. nah saya main game itu. eh pas saya mainin laptop saya mati sendiri dan saya hidupkan kembali kenapa layar laptop saya gelap. saya takut backlight rusak sama vganya rusak. tapi setelah lamanggak buka tu laptop. ternyata sudah bisa. pas saya matiin lalu esok nya hidup lagi. layarnya kembali gelap. gimana

    Balas
  5. Om, pc sy pakai mainboard h61 intel sandy i5. Kasusnya tiba2 vga nvidia ga kedetek, akhirnya sy pindahbke onnoard vga, tp setelah diinstall driver vga, pc jd blank hitam lama bgt. Sy matikan, sy inul windows dan masalah msh sama, setelah install driver vga jd blank hitam. Karna pakai on board vga tak kira mainboard nya yg rusak. Trus sy beli mainboard baru(bkn 2nd). Setelah install windows trus install driver vga, lagi2 blank hitam. Dan restart sendiri bbrp kali sampai muncul tulisan restart dan advance solution (windows 10). Itu knp ya om?
    Mainboard baru ini jg msh pakai on board vga. Makasih sblumnya

    Balas
  6. Bang gua mau nanya
    Gua tiap update grafik di window 7 32 bit jadi black screen sementara gw rollback bisa nyala. Apa kepanasan atau perlu gw ganti?

    Balas
  7. Bang tolong bantu jawab punya saya bang, saya sudah bingung. Awalnya saya update driver lewat driverpack online lalu di angka 87% minta di reebot dan muncul tombol reebot lalu saya ikuti instruksinya. Kemudian setelah beberapa saat layar tiba2 gelap tapi kondisi menyala, gimana cara solvednya ya bang? Saya pakai pc desktop hp omno 120

    Balas

Tinggalkan komentar