Mengatasi tanda silang merah di folder Windows 10

Advertisements

Kembali membahas masalah dalam pemakaian Windows 10 sehari-hari. Kali ini sumbernya dari PC kantor yang teman saya pakai. Di File Explorer pada beberapa folder dokumen, foto atau video akan muncul tanda silang merah di sudut kiri folder-foldernya.

Tapi tidak ada error atau masalah dalam pemakaian komputernya. Jadi buat saya dan teman ini aslinya kendala kosmetik saja, semacam indikator kalau folder tersebut dan isinya patut diperiksa.

windows 10 riwayat pencarian explorer

Advertisements

Tidak panjang-panjang saya membahasnya. Ini disebabkan aplikasi OneDrive dari Microsoft, fungsinya persis Google Drive. Kalau anda install Windows 10 baru dan loginnya pakai akun Microsoft bisa jadi aktif secara default layanannya.

Solusinya tergantung errornya kenapa silahkan klik kanan icon OneDrive di taskbar kanan bawah, tapi ada beberapa hal yang bisa dicek:

  • Kapasitas OneDrive penuh. Silahkan cek ke situsnya untuk melihat kuota tersisa.
  • Tidak ada internet yang stabil. Ini menyebabkan sinkronisasi gagal.
  • Akun yang tersambung OneDrive error atau terputus sambungannya.
  • Ada file atau jenis file yang dilarang diupload.

Kalau ternyata disebabkan kapasitasnya habis, cara mengatasinya yang terbaik adalah tidak mengsinkronisasikan folder-folder yang tidak penting prioritasnya. Atau pakai online storage sendiri-sendiri per folder seperti Google Drive dan Dropbox.

Sekian dan semoga bermanfaat. 🙂

Advertisements

Satu pemikiran pada “Mengatasi tanda silang merah di folder Windows 10”

  1. halo saya juga memiliki kendala tsb, dimana storage cloudnya sudah penuh. tapi sebetulnya filenya tidak apa-apa kan? hanya tidak terupload ke cloud, tapi tersimpan di local storage laptop?

    Balas

Tinggalkan komentar