Mengatasi tampilan layar pecah

Ini agak sulit menjelaskannya karena tidak ada fotonya, tapi ada satu PC gaming milik tetangga yang ada satu masalah pada displaynya. Saya coba deskripsikan, jadi tampilan di layarnya seperti pecah. Separuh kiri ke bawah dan separuh kanan ke atas. Tidak sinkron. Hasilnya seperti pizza yang dipotong belah dua tapi tidak sejajar.

Bahkan saya sendiri saat pertama melihatnya tidak merasakan ada yang salah, cuma setelah diperhatikan baru kelihatan ini kenapa kok tampilannya ga imbang. Setelah saya usut, ini umumnya dikenali sebagai screen tearing.

Spesifikasi PCnya yang saya curiga pada kartu grafis NVIDIAnya. Karena saya sudah cek monitor pakai laptop normal-normal saja. Jadi bisa langsung fokus kenapa ini VGAnya.

Singkat cerita, hal ini terjadi setelah update driver nvidia ke versi terbaru. Dan spesifiknya adalah opsi G-SYNC, solusinya tinggal matikan saja atau downgrade driver GPU ke versi lama.

Kalau ingin tetap pakai GSYNC karena kemampuan monitor tidak dimaksimalkan ya install ulang drivernya. Tapi kalau tidak mau repot ya nonaktifkan opsi Gsync.

Mudah bukan mengatasinya?

Tinggalkan komentar