Mengatasi Windows could not start the Windows audio service on Local computer

Sebelumnya saya pernah membahas cara memperbaiki audio Windows yang tidak berfungsi normal. Cara yang saya berikan cukup mudah tapi kadang bisa disusul oleh masalah lain dan pesan error yang muncul adalah berikut: Windows could not start the Windows audio service on Local computer. Error 1068: the dependency service or group failed to start.

Intinya masih ada service/aplikasi lain yang diperlukan audio Windows tapi tidak berjalan, sehingga gagal. Kali ini yang saya share adalah solusi untuk mengatasi masalah diatas, sama – sama mudahnya karena masih pada jendela pengaturan layanan sistem operasi.

Kalau ini masalahnya pada Windows 7, maka aktifkan (Ubah tipe startupnya ke Automatic):

  1. Plug and Play
  2. Multimedia Class Scheduler
  3. Windows Audio Endpoint Builder
  4. Remote Procedure call

Apabila pada Windows 10, maka anda hanya akan menemukan:

  1. Remote Procedure call
  2. Windows Audio Endpoint Builder

Walaupun sebenarnya Multimedia Class Scheduler (mmcs.sys) itu ada dan berada di folder sistem operasi Windows 10, dipanggil lewat registry tapi.

Untuk Windows 8/8.1 sayangnya saya tidak tahu persisnya karena tidak ada laptop/PC yang memakai versi ini yang bisa saya coba sekarang.

Tidak ada salahnya dan sangat disarankan anda mengupdate driver audio juga untuk memastikan tidak ada masalah pada yang telah terinstall.

Tags:

Leave a Reply