Mengatasi XBOX 360 Controller tidak dikenali di Windows

Bagi anda pemilik XBOX 360 tentu lebih memilih gamepad bawaannya dalam bermain game di PC, apalagi konektor dari gamepad XBOX 360 adalah USB jadi anda tinggal pasang dan mainkan. Sehingga controller asli XBOX 360 ini sangatlah sesuai dipakai bermain game walau anda tidak memiliki console XBOX 360 itu sendiri.

xbox-360-s-controller

Bagaimana kalau controller XBOX 360 anda tidak dikenali oleh Windows? Biasanya begitu anda tancapkan ke komputer anda akan langsung dikenali dan beberapa saat kemudian akan dapat digunakan. Beberapa gejala masalah ini adalah lampu pada controller XBOX 360 menyala sesaat kemudian mati kembali, atau Windows akan berusaha mencari driver dari gamepad ini tapi tidak berhasil.

Langkah pertama untuk mengetahui dimanakah letak permasalahannya adalah silahkan buka Device Manager terlebih dahulu. Bila XBOX 360 Controller dikenali atau terinstall dengan baik maka akan muncul dua nama pada bagian Human Interface Devices: HID-compliant game controller USB Human Interface Device, dan akan muncul satu nama lagi pada Microsoft Common Controller for Windows Class: Xbox 360 Controller for Windows. Jika anda tidak melihat beberapa nama diatas coba lihat apakah ada nama dengan tanda seru kuning atau perangkat yang tidak dikenali, setidaknya kita tahu bahwa Windows melihat adanya perangkat baru dan masalahnya bukan pada hardware controller tersebut.
windows-device-manager-xbox-360-controller-unrecognized

Cara mengatasinya adalah anda tinggal mengikuti langkah – langkah berikut :

  1. Pasang perangkat anda dan pergilah ke Device Manager.
  2. Klik kanan pada nama apapun yang digunakan oleh Windows untuk controller anda (misal : Gamepad for XBOX 360) dan klik “Uninstall”
  3. Lepas controller anda dari komputer.
  4. Silahkan download dan install Microsoft Xbox 360 Accessories untuk versi Windows dan perangkat anda yang sesuai.
  5. Pasang kembali gamepad dan kembali ke Device Manager.
  6. Klik kanan pada nama perangkat yang dikenali oleh Windows (pada komputer saya, perangkat ini terlihat pada “Other Devices” dan memiliki lambang peringatan berwarna kuning), tapi kali ini klik pada “Update Driver Software”.
  7. Klik “Browse Computer for Driver Software”.
  8. Klik “Let me pick from a list of device drivers on my computer”.
  9. Pilih “Microsoft Common Controller” dan kemudian pilih controller XBOX anda. Jalankan instalasi driver untuk perangkat tersebut.

Selesai! Dengan mengikuti langkah – langkah troubleshoot diatas saya harapkan controller XBOX 360 anda dapat digunakan kembali secara normal.

53 pemikiran pada “Mengatasi XBOX 360 Controller tidak dikenali di Windows”

  1. gan sy punya stick xbox360 baru di beli masalahnya tidak terdeteksi di device manager dan waktu dicolok bergetar terus siapa tau ada solusinya

    Balas
  2. gan, kalo usb device not recognized gmna solusi nya???
    ane pakai windows 7 ultimate.
    lagi make buat maen PES 2016, pas lagi seru2 nya maen eh tiba2 langsung ga respon gitu gan, coba matiin game trus copot gamepadnya, pas colok lagi langsung ga ke detect gitu, malah keluar komen “usb not recognized”
    udah coba beberapa trik via device manager dan cmd maupun Hkey bla bla, ttp ga mau

    Balas
    • Halo Yoori, sebelum terlalu jauh mas. Sudah dicoba di komputer lain stiknya? Bisa jadi memang ada masalah. Pakai slot USB lain juga sama?

  3. gan saya punya stick xbox 360, waktu di colok ke pc ga di dtek, lampu di stick nya cuma kedip2, saya colokan ke Smartphone juga sama, ada solusi gan?

    Balas
  4. gan kalau driver xbox 360 wireles reciever punya gak ? kalau download dimna ? yang buat windows 7 ultimate 64 bit . ini receivernya pas di coloki n ke pc gak mau nginstall sendiri.

    Balas
  5. gan kalo xbox 360 controller saya tidak terdeteksi di device manager tetapi kemarin terdeteksi terus oleh windows saya baru- baru ini tidak terdeteksi nya solusinya gimana gan?

    Balas
  6. min ane baru beli stik baru xbox 360, tapi pas di colokin gk kebaca dah stik’a , trs di kerdusnya jg gk ada driverenya, emank harus make drivernya ya?
    solusinya dong gan

    Balas
  7. Selamat Siang Mas Chandra,

    Saya punya Xbox 360 controller (joypad) 2 buah (baru beli original), pada saat saya main PES 2017, belakangan ini suka sering disconnect (terputus) koneksi wireless di joypad dengan receiver, padahal jarang sangat dekat tidak berjauhan, sehingga sangat mengganggu sekali pada saat kami sedang asik bermain, tiba-tiba no respon player dalam game tsb, harus pencet tombol “on” aktifkan wirelessnya yang ditengah itu.

    Kira-kira itu faktor apa dan bagaimana yah solusinya ?

    Masa iya, dua-dua nya unit baru beli bersamaan case nya sama kayak gitu ?

    Terima kasih.

    Balas
    • Main di PC (notebook) Mas, gak bisa replace karena dari awal beli antara saya dengan seller nya bilang non garansi.

      Tapi saya sudah dapat informasi, hasil dari sharing teman-teman yang lain, ternyata dibagian switch dalam batterynya perlu dikencangin saja, semalam saya sudah coba, dan berhasil tidak putus putus nyambung lagi.

      Terima kasih Mas atas kesempatannya. 🙂

  8. Gan saya make x360ce di windows 8.1 ..tpi pas dtaruh dgame trus diinstal ada file yg mising nmnya klo ga sala MSVP210.dll itu ngatasin nya gmana ya?

    Balas
  9. bg…stick xbox saya pas dicolokin ke port usb hidup lampunya cuman sekali, trus pas saya pas pas kan lagi, muncul lampu berkedip kedip cepat,boleh minta solusinya bg?

    Balas
  10. Gan, punya Ane ke detect tp masalahnya tiap kali restart komputer or baru nyalain komputer sticknya harus di lepas dulu baru di colok lagi baru bisa nyala, apa ya masalahnya terus solusinya apa, sebelumnya makasih gan

    Balas
  11. mas. saya pke windows7 64 bit.. drive Microsoft xbox 360 Accessories , xbox 360 terbaca di windows tp lampu indikator langsung mati dan stik tidak berfungsi.. gmn solusunya

    Balas
  12. gan saya pake stick ori yang wireless tapi pake kabel charger ke pc mas, udah instal driver tetep ga kebaca mas, kiranya apa yang harus saya lakukan mas? frustasi saya hahaha

    Balas
  13. bg.. controller xbox 360 saya pas dicolokin ke usb port lampu di controller nya cuma kedip skali trus mati lagi stiap kali di dicolok bgitu.. knp ya ??

    Balas
  14. Gan punya ane pas pertama sampe beberapa minggu bisa, pas nyolokin ada notif “controller xbox 360” eh tapi sekarang gak ada notif apa apa kalo di pasang cuma bunyi doang,terus 1menit bisa di pake,abis itu gak bisa neken apa apa jadi gak bisa jalan deh,tolong pencerahanya min

    Balas
  15. Wah saya beli seharga 160ribu, kira kira belum ada setahun rusak. Kerusakan kedip kedip lalu tidak terkonek dengan pc dan saya coba di komputer lain sama aja. Adakah solusi yg lain ,mohon bimbingan/saran .

    Balas
  16. Om Punya ane aneh nih,.. dulu lancar2 aja. sekitar 2 bulan gak ane pake pas ini mau dipakek malah gak bisa.. padahal di device manager terdeteksi. lalu saya coba uninstal dan sekarang sudah saya instal lagi tapi kok tetep gak bisa ya. saat di pencet tombol x pada joystick nya, bunyi di komputer saya (conect) tapi langsung terputus gitu.. apa ya masalahnya? apa udah rusak apa gmana.. tolong dong dibantu om 🙂 thank

    Balas
  17. klo ane 1minggu yg lalu masih bisa dipake kedetek di windows sebagai xbox 360 controller pas 1hari gk dipake tau2 gk bisa trus kedeteknya unknown usb device itu gmna yg gan cara benerinya… apakah udh rusak ?

    Balas
  18. Gan kasus saya, pas lagi asik main tiba” ga bisa dipencet, saya cabut colok lagi lampu indicator kedip” abis itu mati lagi, setelah itu muncul USB Device Not Reconize…

    Balas

Tulis komentar...