Mengatasi XBOX 360 Controller tidak dikenali di Windows

Bagi anda pemilik XBOX 360 tentu lebih memilih gamepad bawaannya dalam bermain game di PC, apalagi konektor dari gamepad XBOX 360 adalah USB jadi anda tinggal pasang dan mainkan. Sehingga controller asli XBOX 360 ini sangatlah sesuai dipakai bermain game walau anda tidak memiliki console XBOX 360 itu sendiri.

xbox-360-s-controller

Bagaimana kalau controller XBOX 360 anda tidak dikenali oleh Windows? Biasanya begitu anda tancapkan ke komputer anda akan langsung dikenali dan beberapa saat kemudian akan dapat digunakan. Beberapa gejala masalah ini adalah lampu pada controller XBOX 360 menyala sesaat kemudian mati kembali, atau Windows akan berusaha mencari driver dari gamepad ini tapi tidak berhasil.

Langkah pertama untuk mengetahui dimanakah letak permasalahannya adalah silahkan buka Device Manager terlebih dahulu. Bila XBOX 360 Controller dikenali atau terinstall dengan baik maka akan muncul dua nama pada bagian Human Interface Devices: HID-compliant game controller USB Human Interface Device, dan akan muncul satu nama lagi pada Microsoft Common Controller for Windows Class: Xbox 360 Controller for Windows. Jika anda tidak melihat beberapa nama diatas coba lihat apakah ada nama dengan tanda seru kuning atau perangkat yang tidak dikenali, setidaknya kita tahu bahwa Windows melihat adanya perangkat baru dan masalahnya bukan pada hardware controller tersebut.
windows-device-manager-xbox-360-controller-unrecognized

Cara mengatasinya adalah anda tinggal mengikuti langkah – langkah berikut :

  1. Pasang perangkat anda dan pergilah ke Device Manager.
  2. Klik kanan pada nama apapun yang digunakan oleh Windows untuk controller anda (misal : Gamepad for XBOX 360) dan klik “Uninstall”
  3. Lepas controller anda dari komputer.
  4. Silahkan download dan install Microsoft Xbox 360 Accessories untuk versi Windows dan perangkat anda yang sesuai.
  5. Pasang kembali gamepad dan kembali ke Device Manager.
  6. Klik kanan pada nama perangkat yang dikenali oleh Windows (pada komputer saya, perangkat ini terlihat pada “Other Devices” dan memiliki lambang peringatan berwarna kuning), tapi kali ini klik pada “Update Driver Software”.
  7. Klik “Browse Computer for Driver Software”.
  8. Klik “Let me pick from a list of device drivers on my computer”.
  9. Pilih “Microsoft Common Controller” dan kemudian pilih controller XBOX anda. Jalankan instalasi driver untuk perangkat tersebut.

Selesai! Dengan mengikuti langkah – langkah troubleshoot diatas saya harapkan controller XBOX 360 anda dapat digunakan kembali secara normal.

54 pemikiran pada “Mengatasi XBOX 360 Controller tidak dikenali di Windows”

  1. Om Punya ane aneh nih,.. dulu lancar2 aja. sekitar 2 bulan gak ane pake pas ini mau dipakek malah gak bisa.. padahal di device manager terdeteksi. lalu saya coba uninstal dan sekarang sudah saya instal lagi tapi kok tetep gak bisa ya. saat di pencet tombol x pada joystick nya, bunyi di komputer saya (conect) tapi langsung terputus gitu.. apa ya masalahnya? apa udah rusak apa gmana.. tolong dong dibantu om 🙂 thank

    Balas
  2. klo ane 1minggu yg lalu masih bisa dipake kedetek di windows sebagai xbox 360 controller pas 1hari gk dipake tau2 gk bisa trus kedeteknya unknown usb device itu gmna yg gan cara benerinya… apakah udh rusak ?

    Balas
  3. Gan kasus saya, pas lagi asik main tiba” ga bisa dipencet, saya cabut colok lagi lampu indicator kedip” abis itu mati lagi, setelah itu muncul USB Device Not Reconize…

    Balas
  4. Bang maaf mau tanya.. ane punya xbox 360m wireless controller tapi tidak terdeteksi di laptop maupun di android..
    agan ada solusikah agar xbox ane bisa terdeteksi di android & laptop ?
    terimakasih

    Balas

Tinggalkan komentar