Mengatur startup aplikasi di ASUS Zenfone

Kali ini saya akan membahas mengoptimalkan handphone seri ASUS Zenfone 5 (Android 4.4.2 Kitkat). Selama penggunaan saya selama ini (kurang lebih 6 bulan) yang terasa kekurangannya adalah masalah panas, baterai yang kurang dan memori yang boros sekali (idle saja bisa menghabiskan 1GB). Kalau anda sering menginstall aplikasi di Android maka kadang ada yang otomatis hidup saat ponselnya baru dinyalakan, ini akan menggunakan RAM juga menghabiskan baterai kalau tidak disetting. Sangat mubazir kalau ternyata tidak digunakan.

Nah… di seri ASUS Zenfone sebenarnya kita bisa dengan mudah menyetel apakah suatu app atau game boleh aktif saat proses startup handphone. Caranya? Silahkan buka Settings (Pengaturan) kemudian pada bagian Device (Perangkat) tap di Power Management (Pengaturan daya).

android-zenfone-settings-device

Nanti didalamnya anda akan menemukan setting bernama Auto-start manager, buka saja.

asus-zenfone-5-power-management

Didalamnya nanti anda akan menemukan daftar aplikasi yang akan ikut aktif saat handphone baru dihidupkan. Silahkan anda tap untuk mematikannya (Deny) atau sebaliknya diijinkan (Allow). Saya kebanyakan mematikan game dan media sosial (Instagram, Twitter, Facebook, dan sebagainya).

asus-zenfone-5-auto-start-manager

Saya anjurkan agar memilih aplikasi yang menurut anda penting dan memang perlu selalu aktif walaupun tidak sedang digunakan (background). Efek positifnya setelah dioptimalkan adalah lebih ringan dan responsif saat digunakan. Ini disebabkan memori yang bebas bertambah (anda bisa melihat berapa MB masing – masing aplikasi) dan tentu saja baterai menjadi lebih hemat.

Semoga bermanfaat. 🙂

10 pemikiran pada “Mengatur startup aplikasi di ASUS Zenfone”

    • Halo H, bisa diperjelas masalahnya? Apakah dulu Auto-start Manager tidak ada dan diinstall sendiri? Atau sudah mengutak – atik konfigurasi di dalamnya?

      Saya yakin anda sudah melihatnya, tapi sudah dicek kan kalau profil audio Zenfone anda tidak Sunyi/Mute?

  1. Hp saya selalu menyala secara otomatis walaupun sudah
    Masuk k setingan utk auto start manager, namun saat k menu utama hp saya kembali nyala, tdk bisa di lock dan cahaya hp selalu menyala tanpa mati, itu yg menyebabkan hp saya jd panas dan batre cepat hbs. Saya minta tolong utk solusinya. Terima kasih

    Balas

Tulis komentar...