Mengatur ulang fungsi dan susunan keyboard dengan KeyMapper

Kali ini saya akan memperkenalkan sebuah program yang akan sangat membantu anda dalam mengatur fungsi dan susunan tombol tertentu pada keyboard anda. Nama dari aplikasi ini adalah KeyMapper dan software ini bersifat open source sehingga bisa anda dapatkan dengan gratis.

Dua skenario yang membuat KeyMapper berguna dalam manajemen keyboard anda:

  1. Salah satu tombol keyboard rusak dan anda tidak ingin membeli keyboard baru entah karena repot atau tidak ingin keluar biaya lagi. Anda bisa menggunakan KeyMapper untuk mengganti fungsi dari tombol tertentu, misal tombol Shift diganti ke tombol Caps Lock.
  2. Anda ingin mematikan tombol keyboard tertentu, ini bisa disebabkan anda sering salah menekan tombol saat mengetik. Biasanya tombol Windows yang terletak diantara tombol Ctrl dan Alt adalah langganan tetap kasus ini.

Anda bisa mendownload KeyMapper disini.

Jalankan programnya maka anda akan melihat tampilan utama KeyMapper seperti gambar dibawah.
keymapper-interface

Silahkan melakukan double click pada tombol keyboard yang anda ingin atur ulang fungsinya, misal tombol P. Anda akan mendapat pilihan untuk mengganti fungsi tombol tersebut, pilih fungsi barunya dan klik tombol Map untuk menyimpannya.
keymapper-create-a-mapping

Untuk mematikan fungsi tombol tertentu sehingga walau tombol itu ditekan tidak akan ada efeknya, anda tinggal melakukan drag and drop tombol yang anda ingin matikan keluar dari tampilan program. Cara melakukan drag and drop adalah dengan menekan tombol tersebut, tahan dan tarik keluar. Bila berhasil mematikan tombol itu, maka warna tampilan tombol di keyboard akan berbeda.
keymapper-drag-and-drop-key

Setelah anda matikan fungsi tombol tersebut, ternyata dikemudian hari anda ingin menghidupkan fungsi tombol itu kembali. Anda tinggal melakukan double click pada tombol yang mati tersebut dan akan mendapati pilihan untuk menghidupkannya kembali, klik pada tombol Enable.

keymapper-enable-disable-key

Mudah bukan? Semoga program ini dapat menjadi solusi terhadap masalah yang anda hadapi pada keyboard anda.

Satu pemikiran pada “Mengatur ulang fungsi dan susunan keyboard dengan KeyMapper”

Tulis komentar...