Mengatur volume suara aplikasi di Windows

Pernah mengalami saat membuka aplikasi tiba – tiba volume suara turun atau malah tidak keluar sama sekali? Ini bisa disebabkan setting suara di Windows tidak tepat, dan anda bisa dengan mudah mengubahnya sesuai dengan keinginan anda.

Sesungguhnya volume suara yang dikecilkan otomatis atau malah diam (mute) adalah fitur dari Windows yang mengenali apabila ada aplikasi komunikasi semacam VoIP, Video Call, Voice Chat dan semacamnya digunakan – ini berfungsi supaya tidak ada suara yang menganggu percakapan anda. Tapi kadang fitur ini tidak berlaku sebagaimana mestinya atau malah menganggu penggunaan komputer sehari – hari.

Cukup sudah background masalahnya, sekarang bagaimana mengatur perilaku Windows dalam manajemen volume suaranya? Mudah kok, cukup akses Control Panel dan cari Sound.

windows-7-control-panel-sound

Pindahkan tab ke Communications dan pilihlah setting yang sesuai dengan keinginan anda.

windows-7-sound-communications

Beberapa opsi yang disediakan adalah:

  • Mute all other sounds – Diamkan suara yang lain kecuali aplikasi yang aktif.
  • Reduce the volume of other sounds by 80% – Kurangi volume suara dari software lain menjadi 80%.
  • Reduce the volume of other sounds by 50% – Kecilkan volume suara dari program lain menjadi 50%.
  • Do nothing – Tidak ada perubahan pada seluruh suara yang ada.

Sekiranya pilihlah opsi suara yang paling cocok dengan kebiasaan penggunaan komputer anda sehari – hari. Kalau tidak ingin ada kejutan perubahan volume suara yang tiba – tiba anda bisa menggunakan Sound Lock untuk membatasi volume suara, atau pilih opsi Do nothing dari setting Sound diatas.

Tulis komentar...