Mengawasi suhu Harddisk dengan DiskAlarm

Harddisk sama seperti perangkat keras lainnya, akan berusia panjang dan bekerja lebih baik bila dikondisikan dalam keadaan suhu ideal. Suhu harddisk yang tinggi atau terlalu panas akan membuat harddisk anda rusak, hilangnya data dan mempersingkat usianya.

Untuk berjaga – jaga terhadap resiko seperti ini anda dapat mengawasi fluktuasi temperatur dari komputer. Anda juga tidak harus memonitor setiap saat, cukup kadang – kadang saja memeriksa apakah suhu harddisk anda diluar batas.

Cara diatas tentu merepotkan anda bukan? Alternatifnya gunakan software untuk mengukur dan mengawasi suhu harddisk anda. DiskAlarm adalah software untuk memonitor harddisk yang anda miliki. Aplikasi ini akan menampilkan pilihan harddisk yang diawasi dan akan mengupdate secara otomatis informasi mengenai nama dan spesifikasi harddisk juga keadaan terbarunya.

Bila anda tidak suka dengan satuan suhu yang digunakan, anda bisa mengubah satuan tersebut menjadi seperti Fahrenheit atau Celsius.
DiskAlarm setting

Anda juga bisa menetapkan alarm bila program ini mengetahui bahwa suhu harddisk naik melewati batas normal. Jendela alarm akan tampil untuk memberi peringatan kepada anda jika ini terjadi, dan ada bisa menggunakan alarm suara juga untuk lebih menarik perhatian anda.

Fitur lain yang cukup menarik adalah terdapat grafik yang menunjukkan tingkat dan sejarah suhu harddisk anda dari waktu – ke waktu, jadi anda bisa mempelajari kapan dan kenapa suhu harddisk anda berubah.

DiskAlarm graph

DiskAlarm juga bisa dijalankan bersamaan waktu awal masuk Windows dan disembunyikan di system tray supaya tidak mengganggu anda, tapi akan muncul dialog bila ada peringatan atau informasi mengenai harddisk anda.

Tulis komentar...