Berapa suhu normal SSD?

Advertisements

Seberapa panas komponen hardware mungkin tidak terlalu diperhatikan, apalagi jarang yang memantaunya. Toh sudah ada fan atau heatsink untuk mendinginkan temperaturnya. Tapi komponen targetnya biasanya CPU dan GPU. RAM, HDD dan maupun SSD umumnya polosan saja.

Khusus untuk SSD tidak salah memang diabaikan soal suhu kerjanya. Karena berbeda dengan harddisk mekanis, toleransinya bisa lebih tinggi. Akan tetapi jelas ada rentang suhu normalnya dalam keadaan idle dan juga mode kerja kan?

hd sentinel temperature vgen ssd

Hal ini baru saya catat setelah sebelumnya klaim garansi SSD VGEN pertama kalinya. Penggantinya ternyata bermasalah juga, yang healthnya stabil turun terus disertai suhu saat idle menurut saya diatas angka wajar, dan ini juga didukung hasil analisa HD Sentinel yang memberikan warna kuning untuk peringatan. Apalagi saat bekerja, bisa merah langsung.

Jadi berapa suhu normal SSD?

Advertisements
  • Idle: Amannya sekitar 40 derajat Celsius.
  • Operasional: Secara intensif bisa antara 40-50 derajat Celsius.

Ini nilainya berdasar dari default HD Sentinel, Facebook dan AnandTech.

Kalau konsisten diatas itu efeknya adalah usia dari SSDnya. Lebih singkat dari harapan hidup asli komponennya. Bisa dilihat dari screenshot diatas, dalam 3 bulan turun dari 100% ke 74%. Intinya ya ini menuju kerusakan SSD permanen.

Dalam kasus saya pribadi untuk SSD VGEN SATA3 240GB yang rusak:

  • Idle di 50 Celsius.
  • Terendah di 37 Celsius, ini saat pertama ambil di service center VGEN dan pasang di laptop.
  • Tertinggi di 65 Celsius.

Akhirnya saya tukar produk ke VGEN kedua kalinya yang syukurnya sampai hari ini normal. Solusi terbaik selama masa garansinya aktif. 3 tahun umumnya. Saat saya retur malah tinggal 70% kesehatannya.

Update September 2021, klaim garansi sebelumnya tepat setahun lalu saya dapat 256GB sebagai penggantinya, karena 240GB sudah tidak diproduksi lagi

Sebenarnya sampai saat ini masih normal dan di HD Sentinel cuma turun ke 99%. Menurut saya masih dalam batas keausan pemakaian wajar.

hd sentinel vgen 256gb 40 celsius

Tapi ada anomali yang baru saya sadari di suhunya, sempat saya kira yang saya dapatkan kali ini sudah sehat dan ga ada aneh-anehnya. Yang VGEN sekarang suhunya idle di 40 Celsius dan bahkan saat bekerja intensif pun di angka yang sama. 🙁

Menurut riwayat HD Sentinel semua parameter temperatur selalu “stabil” di titik yang sama. Tidak pernah naik atau turun, sedikitpun. Semoga saja tidak mendadak rusak di tengah jalan, masa garansinya sudah habis soalnya.

Advertisements

2 pemikiran pada “Berapa suhu normal SSD?”

  1. Saya juga memakai SSD dengan merk yang sama, V-Gen 240GB dimana ssd ini sudah tidak dirpoduksi lagim sekarang penggatinya adalah V-Gen Platinium 256GB.

    saya mengalami hal buruk yaitu healthnya turun dratis, sekarang menjadi 6%, masalah performance tidak ada masalah, masih 100%. Sebelumnya saya telah menngaransikan ssd yang rusak karena healthnya juga drop, dan sudah diganti, namun sekarang drop lagi seperti yang saya sampaikan sebelumnya,

    saya merasa kalau ssd saya cuma diperbaiki, direst dan di ganti SN nya. Ntah hanya terjadi pada produk 240GB old, atau pada produk barunya yg Platinim 256 juga begitu?
    saya merasa Vgen kurang baik dalam hal ini. mereka bagus dalam produk RAM dan memory card, namun dalam ssd saya merasa kurang bagus.

    Balas
  2. O ya 1 lagi, mengenai suhu yang ditampilkan mengenai seberapa panas SSD Vgen ini ternyata tidak akurat. HDD sentinel saya menginformasikan bahwa suhu SSD Vgen adalah 60 derajat, namun saya mencoba menyentuh dan memastikan dengan tangan saya. ternyata tak sepanas yang ditampilkan informasinya. saya merasa ini adalah error sensor

    Balas

Tinggalkan komentar