Mengembalikan setting TCP/IP Windows ke keadaan semula

Anda mengalami masalah koneksi internet di Windows? Setidaknya anda yakin masalahnya bukan dari modem, WiFi, Network card dan faktor eksternal lainnya. Kalau anda sudah mengutak – atik setting TCP/IP Windows sampai lemas dan tidak ada perbaikan juga bisa jadi masalahnya ada kesalahan setting dan lebih baik dimulai dari awal saja.

Saya biasa memulihkan TCP/IP ke kondisi awal kalau sudah frustasi berusaha membetulkannya, ini untuk memastikan saja tidak ada opsi yang aktif mengganggu lancarnya koneksi jaringan.
windows-7-tcp-ip-properties-dhcp-disabled

Untuk mereset setting TCP/IP di Windows caranya mudah kok. Silahkan panggil command prompt dengan hak administrator, kemudian ketikkan perintah netsh int ip reset dan tekan ENTER.

command-prompt-netsh-int-ip-reset

Selesai! Maka konfigurasi jaringan TCP/IP akan menjadi kosong seperti belum pernah diisi.

Takut menggunakan command prompt? Kalau begitu anda bisa memakai Fixit, perhatikan untuk versi Windows apa sebelum dijalankan:

  • Windows 8.1, Windows 8, Windows RT, Windows 7, Windows Server 2012R2, Windows Server 2012, atau Windows Server 2008R2: Microsoft Fix it 20140
  • Windows Vista, Windows XP, Windows Server 2008, atau Windows Server 2003: Microsoft Fix it 50199

Cukup jalankan program kecil diatas maka secara otomatis setting TCP/IP dikembalikan ke semula.

Kadang cara sederhana ini malah berhasil mengatasi masalah No Internet Access atau No Network Access di Windows.

70 pemikiran pada “Mengembalikan setting TCP/IP Windows ke keadaan semula”

  1. saya pakai win 8 dan menggunakan manual ip address, setelah input ip dan keluar setelah di check properties nya sdh berubah ke auto configuration.ada solusi mas?trims

    Balas
  2. mas mau nanya mas, kosan saya wifinya pakai mikrotik,terus tiap orang punya akun masing-masing.nah masalahya beberapa hari ini ketika saya mau login melalui browser ,wifi tersebut langsung hilang dari laptop saya,gak bisa ditemukan lagi kecuali kalau saya ganti enable gak enablenya di network adapternya wifinya muncul lagi,pas saya login ilang lagi. kenapa bisa gitu ya mas?,apa mungkin saya di tutup atau di tolak admin remote sarvernya melalui IP atau MAC addres ,terus solusinya gmna ya mas?

    Balas
    • Maksudnya SSID WiFinya lenyap mas? Atau masih terdeteksi cuma ga bisa nyambung lagi?

      Kalau diblokir sih engga mas, paling kena ARP Poisoning seperti Netcut.

  3. Mas, mau nanya. Awalnya wifi saya tidak bisa terconnect terus saya nyari di google disuruh uninstall wifi di network adapter, habis itu katanya di scan biar wifinya muncul lagi. Tapi kok ini masih ilang ya ? minta solusinya mas. Jadi kondisi laptop saya sekarang wifinya liang ?

    Balas
    • Mas sudah install wifi adapternya lagi? Maksudnya driver kan?

      Pakai Windows apa? Laptopnya merek dan tipe apa?

  4. Mas mau nanya nih..laptop saya konek ke internet melalui wifi,tpi chrome n firefox koq gak konek2 ya..
    Ya pake windows 7

    Balas
  5. Gan mau tanya komper sya kok g bs koneksi internet limited acces,,,ip4 sdah benar , tetap g bs..kalo seting manual caranya gmn?trus harus di isi apa?

    Balas
  6. mau tanya, sebulan yg lalu saya menggunakan Microsoft Fix it 20140 dan berhasil, tapi kenapa sekarang tidak bisa lagi? selalu gagal menggunakan google search bila pake opera. kalo pake chome.mozilla tidak. trims

    Balas
  7. Bang klo IP ADDRESS INTERNET PROTOCOL VERSION 4 kehapus trus lupa .. jd komputer saya tdk bisa internet. Mohon bantuan .
    DNS server is not responding.

    Balas
  8. Mas laptop saya jaringn wifinya tanda silang merah, udh di coba sprti di atas ttp tdak bs, trobleshoot mulu, udah mcm2 cara ttp gk bs, pdhl udah di ubah enable ttp gk bs apanya y mas, kmren mndadak gk bs gr2 nyoba msukin wifi secra mnual yg d hiden

    Balas

Tinggalkan komentar