Mengenal Reader View di Mozilla Firefox

Kalau anda sudah mengupdate versi Mozilla Firefox ke 38 (saya menggunakan 38.05 dan yang terbaru saat ini) maka akan dua fitur baru yang langsung terlihat, pertama adalah Reader View dan yang kedua adalah integrasi Pocket (dulu ReadItLater). Yang akan saya bahas kali ini adalah Reader View atau kalau diartikan tampilan pembaca. Fungsinya apa?

Saya yakin anda pernah mengunjungi situs yang artikelnya memiliki struktur yang tidak rapi, mulai penggunaan formatting teks yang terlalu bebas, warna – warni, dan banyak iklannya disisipkan dimana – mana. Cukup mengganggu bukan? Nah… mode Reader View ini adalah solusi untuk memperbaiki tampilan halaman situs agar lebih mudah dibaca.
mozilla-firefox-reader-view

Bagaimana cara menggunakan tampilan pembaca di Firefox? Perhatikan di address barnya dan anda akan menemukan sebuah icon dengan bentuk buku terbuka warna abu – abu, klik saja untuk mengaktifkan Reader View. Kalau aktif iconnya akan berubah menjadi warna oranye. Nanti tampilannya akan dibersihkan dan disederhanakan oleh browsernya sehingga anda bisa memahami isi artikelnya tanpa elemen – elemen situs yang mengganggu – ini termasuk sidebar, header, komentar dan footer saat saya coba pada blog biasa. Ya, ini termasuk komponen dari media sosial (Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, dan sebagainya) yang sering disematkan juga dan ikut memberatkan loading website.

Jadi kesimpulannya kalau anda ingin membaca suatu konten situs tanpa hal – hal yang tidak perlu sekaligus lebih cepat aksesnya maka tidak salah menggunakan Reader View ini.

Tulis komentar...